Kertas Ramah Lingkungan, SEKNAS PRABOWO-SANDI Bikin Gerakan Ganti Kantong Plastik

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Sekretariat Nasional (Seknas) Prabowo-Sandi bersama relawan yang tergabung dalam Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) melaunching gerakan Kampanye Peduli Lingkungan. Sampah plastik yang sangat mencemari lingkungan lantaran sulit terurai harus diganti dengan kantong kertas yang jauh lebih ramah lingkungan.

Ketua Seknas Prabowo-Sandi, Muhamad Taufik, mengungkapkan bahwa pasangan nomor urut 2 akan terus mengkampanyekan gerakan anti sampah plasik. “Gerakan ini demi pelestarian lingkungan agar anak cucu kita nanti bisa menikmati kehidupan yang nyaman,” ujar Taufik di kantor Seknas Prabowo-Sandi Jl HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (6/1).

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra DKI tersebut, lebih jauh menjelaskan bahwa langkah kongkretnya adalah mengurangi sampah plastik. Pihaknya telah menyebarkan 20 ribu kantong kertas sebagai pengganti, ke semua pedagang pasar tradisional di Jakarta.

Tas kertas berwarna cokelat dengan logo Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga. Ada tulisan ‘PEDULI LINGKUNGAN’, nama Prabowo-Sandiaga, serta Limbah Plastik Mengandung Zat-zat Kimia Berbahaya Bagi Lingkungan dan Kesehatan.

Wakil Ketua DPRD DKI satu ini, menerangkan bahwa secara bertahap Seknas Prabowo-Sandi akan kampanye gerakan anti sampah plastik ke beberapa daerah di Indonesia. Untuk tahap awal baru dilakukan di tiga daerah yakni Jakarta, Semarang, dan Pekanbaru.

’’Nanti relawan dan caleg yang bergerak ke pasar-pasar tradisional,’’ jelas dia. Khusus di Jakarta yang terdapat 153 pasar tradisional, masing-masing akan dikerahkan lima relawan untuk mengganti kantong plastik milik pedagang dengan kantong kertas. “Kita akan ubah perilaku masyarakat yang terbiasa dengan kantong plastik ke kantong kertas yang bisa dipakai untuk beberapa bungkus, bukan sekali pakai,” papar Taufik.

Ketua Umum APPSI Ferry Juliantono menyatakan kesiapan para pedagang untuk beralih ke kantong plastik. “Tapi pergantian dari plastik ke kertas ini tidak mudah dilakukan karena harus didukung banyak pihak,” kata Ferry yang berjanji akan selalu mengkampanyekan gerakan ini kepada seluruh anggota APPSI. ■ RED/JOKO

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here