31.2 C
Jakarta
26 April 2024 - 16:14
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Sebanyak 236 Rute, TRANSJAKARTA Target Layani 231 Juta Penumpang di 2019

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Perusahaan transportasi publik PT Transjakarta menargetkan tahun ini dapat melayani 231 juta penumpang dari 236 rute yang dimiliki Bus Transjakarta. Adapun tahun sebelumnya jumlah penumpang yang terlayani sekitar 190 juta tiket dari 190 rute.

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Agung Wicaksono, menyatakan rasa optimistis bahwa pihaknya meraih target tersebut. “Dalam umur yang kini bertambah menjadi 15 tahun, Transjakarta tetap menjadi tulang punggung transportasi di Ibukota. Meski nantinya Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta dan Light Rail Transit (LRT) Jakarta akan beroperasi di Jakarta,” ujar Agung di kantornya kawasan Cawang, Jakarta Timur, Selasa (15/1).

Menurutnya pengalaman 15 tahun yang dimulai di masa kepemimpinan Gubernur DKI Sutiyoso, Transjakarta yang telah beroperasi sejak tahun 2004 melayani masyarakat, menjadi nilai tambah bagi BUMD tersebut.

“Pelayanan Transjakarta terus berkembang. Pada era kepemimpinan, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, telah dihadirkan program unggulan di bidang transportasi publik, One Karcis One Trip (OK-OTrip) yang kemudian diubah menjadi Jak Lingko. Melalui program ini, sejumlah angkutan kecil terintegrasi busway sehingga meringankan penumpang karena cukup bayar sekali,” ujar Agung yang baru tiga bulan memimpin perusahaan ini.

Program ini merupakan implementasi sistem transportasi yang terintegrasi. Mulai integrasi rute, integrasi manajemen, dan integrasi pembayaran, sehingga integrasi layanan transportasi publik di Jakarta yang semakin luas.

“Integrasi ini tidak hanya melibatkan integrasi antara bus besar, bus medium, dan bus kecil di Transjakarta tetapi juga akan melibatkan transportasi berbasis rel yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta seperti; MRT, LRT, dan sebagainya,” ujarnya.

Dengan dasar itu, Agung menargetkan jumlah pelayanan akan mencapai 231 juta penumpang dari 236 rute yang dilayani pada 2019.

Dipaparkannya, sepanjang tahun 2018, Transjakarta telah melayani 189,77 juta pelanggan. Jumlah ini naik 31 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang mengangkut 144,72 juta penumpang di 2017. ■ RED/JOKO

Related posts

Fasilitas Dibenahi, GUBERNUR ANIES Inginkan ‘Tebet Eco Park’ jadi Kawasan Zona Emisi Rendah

Redaksi Posberitakota

Sambut Perayaan Kemenangan Persija, DLH DKI Kerahkan 250 Pasukan Oranye

Redaksi Posberitakota

Pocil Juara Umum, KAPOLSEK Ucapkan Terima Kasih Sudah Bawa Nama Baik Kebon Jeruk

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang