Di Jakarta Utara, 60 PENGELOLA RPTRA Dibekali Tentang Komunikasi & Etika

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Sebanyak 60 pengelola ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA) se-Jakarta Utara mendapatkan pembekalan tentang komunikasi dan etika. Tujuannya agar mereka bisa mengajarkan tatacara komunikasi yang santun kepada pengunjung RPTRA, khususnya anak-anak.

Pembekalan komunikasi untuk para pengelola RPTRA dilakukan Sudin Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Jakarta Utara. Bertempat di RPTRA Rasela, Koja, kegiatan ini diikuti sebanyak 60 pengelola RPTRA.

“Pembekalan ini diprioritaskan bagi pengelola yang baru yang baru pertama kali bertugas di ruang publik tersebut,” ucap Kasudin PPAPP Jakut, Joko Santoso, Kamis (17/1).

Untuk materi sendiri, sambung Joko, peserta diberikan pelatihan komunikasi yang baik dan mengedepankan sopan santun. Apalagi pengelola RPTRA ini salah satu tugas utama adalah sebagai agen perubahan dan pembangunan etika masyarakat.

“Jadi yang pertama mengatur harus mengubah masyarakat, terutama anak-anak menggunakan cara berfikir, bertindak, dan berperilaku sesuai dengan adat ketimuran seperti mengedepankan sopan santun kepada yang lebih tua,” jelasnya.

Kepada pengelola, Joko juga berpesan agar mereka kreatif dalam mendidik masyarakat, sehingga kegiatannya pun tidak boleh sama atau seragam. “Harus menyesuaikan dengan karakteristik masyarakatnya,” imbuhnya. Pelatihan tersebut hanya berlangsung selama satu hari. ■ RED/JOKO

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here