PosBeritaKota.com
Nasional

Wabah DBD Merebak, KABUPATEN KEDIRI Terdata Ada 12 Orang Meninggal Dunia

KEDIRI (POSBERITAKOTA) – Di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, jumlah korban meninggal dunia akibat penyakit demam berdarah dengue (DBD) di wilayah itu selama Januari 2019 mencapai 12 orang dan mayoritas berusia di bawah 15 tahun. Demikian Dinas Kesehatan Kabupaten itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, Adi Laksono, di Kediri, mengatakan korban meninggal dunia ada 12 orang. Kalau jumlah penderita mulai Januari mencapai 271 orang, ranking satu se-Jatim.

Jumlah kasus yang terdata ini cukup banyak dan terjadi pada usia produktif. Namun, mayoritas anak-anak, serta berasal dari berbagai daerah di wilayah.

Dari 12 orang yang meninggal dunia, mereka menderita DSS (dengue shock syndrome), sehingga nyawanya tidak dapat diselamatkan. Karena kondisinya sudah parah saat dibawa ke rumah sakit atau puskesmas.

Adi meminta agar setiap orangtua waspada jika ada anggota keluarga yang mengeluhkan sakit panas dan harus segera dibawa ke rumah sakit untuk memastikan sakitnya berbahaya atau tidak. Agar tim medis bisa langsung melakukan perawatan atas pasien.

Ia menyebut banyak faktor yang memengaruhi tingginya jumlah penderita DBD di Kediri, salah satunya karena kewaspadaan masyarakat yang masih belum optimal. Selain itu, budaya melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) masih kurang, menyebabkan jentik nyamuk bisa leluasa berkembang.

“Ini kami evaluasi. Intinya ini siklus tiga tahunan, dan karena secara budaya psikologis, kasus tinggi masyarakat bergerak, waspada, begitu tahun berikutnya turun, pasti lupa PSN. Padahal, satu pekan sekali penting untuk mengecek ada jentik atau tidak, sehingga tahun kedua meningkat. Ini di Desember 2018 juga sudah mulai ada kenaikan, rumah sakit juga penuh,” katanya. ■ RED/AAN/AYID

Related posts

Deklarasi ‘Pilpres Damai 2019’, HIMABA RI Harap Pemimpin Terpilih Punya Komitmen Berantas Narkoba

Redaksi Posberitakota

Dikenal Sebagai Menpen serta Ketua DPR/MPR RI, H HARMOKO Wafat & Bakal Dimakamkan di TMP Kalibata Pagi Ini

Redaksi Posberitakota

Melalui Program ‘Umar bin Khattab’, BAZNAS Berbagi Paket Makanan Siap Saji ke Pekerja Rentan di Jabekta

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang