Sylviana Murni Diganti, FADJAR PANJAITAN Jabat Ketua Kwartir Pramuka DKI

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Fadjar Panjaitan, terpilih sebagai Ketua Kwartir Daerah Pramuka DKI Jakarta untuk masa bakti 2019-2024. Dia mengalahkan Sylviana Murni, ketua Kwarda petahana, dalam Musyawarah Daerah Pramuka DKI.

“Saya akan mengembangkan urban scouting melalui model gugus depan (gudep) perkotaan berbasis megapolitan,” kata Fadjar di Jakarta, Kamis (31/1).

Menurut Fadjar terkait kegiatan pendidikan pramuka di perkotaan perlu lebih diprioritaskan melalui pengembangan berbagai kegiatan yang mengacu kepada kehidupan megapolitan.

Anggota pramuka Jakarta adalah warga yang telah terbiasa hidup dalam suasana megapolitan. Kwartir Daerah DKI Jakarta, kata Fadjar, harus menjadi contoh dalam memajukan pendidikan pramuka sejalan dengan aspirasi dan kebutuhan mereka untuk menjadi kader pemimpin bangsa.

Fadjar juga yakin bahwa kwartir di seluruh tingkatan di DKI Jakarta mampu melakukan perubahan pendidikan pramuka menjadi lebih mendidik, menarik dan menantang bagi anak muda Jakarta.

Sebagai mantan pegawai di lingkungan Pemprov DKI Jakarta, Fadjar Panjaitan memiliki pengetahuan dan pengalaman menjadi ketua majelis pembimbing pramuka di kecamatan (kwartir ranting), walikota (kwartir cabang) dan daerah.

“Dengan modal itu, saya memahami berbagai persoalan baik di kwartir ranting, cabang dan daerah. Saya berkomitmen untuk melanjutkan kerja sama yang harmonis antara kwartir daerah sebagai pembuat kebijakan dan penyelenggara dengan kwartir cabang sebagai pelaksana kebijakan,” kata Fadjar yang lahir di Jakarta, 26 Agustus 1955.

Ditegaskan Fadjar bahwa dirinya memahami persoalan pendanaan kegiatan. Dia berkomitmen untuk membangun jaringan dengan berbagai pemangku kepentingan (stakeholders) untuk berperan aktif sebagai penyedia dana baik melalui program kerja sama maupun sebagai sponsor program.

“Akhirnya, saya berkomitmen untuk menyelenggarakan organisasi yang berdaulat, manajemen yang modern, keuangan yang mandiri dengan personal yang mumpuni secara musyawarah, transparan dan berkeadilan,” kata Fadjar yang pernah menjadi Pelaksana Tugas Harian Gubernur DKI Jakarta dari 8 Oktober 2012 hingga 15 Oktober 2012.

Saat ini Fadjar secara sah menggantikan kedudukan Sylviana Murni sebagai ketua kwartir untuk lima tahun ke depan. Adapun Sylvi yang menjabat sejak 2014 hingga 2019 adalah mantan Walikota Jakarta Pusat dan pernah menjadi Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta berpasangan dengan Cagub Agus Harimurthi Yudhoyono pada Pilkada DKI 2017. ■ RED/JOKO

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here