Bikin Heboh Warga, IKAN AROWANA EMAS Ditemukan di Kali Item Pademangan

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Penemuan ikan arowana emas di Kali Item, Pademangan Timur.oleh petugas UPK Badan Air Jakarta Utara, membuat sejumlah warga berdatangan ke sejumlah kali di Ibukota. Mereka berharap bisa bernasib baik seperti petugas pembersih sampah sungai yang mendapat rezeki nomplok berupa ikan hias simbol hoki yang harganya mencapai puluhan juta rupiah.

Sejumlah warga, baik remaja maupun dewasa, banyak bergerombol di tanggul sambil melihat serius permukaan air. Hal ini terlihat di sejumlah ruas sungai seperti Kali Item atau Kali Sentiong di kawasan Pademangan, Kemayoran, dan Sunter Jaya.

“Kabar penemuan ikan arowana jenis black gold yang ditangkap petugas UPK Badan Air di ruas Kali Item, Pademangan Timur, Senin kemarin sempat bikin heboh. Banyak warga berdatangan ke sungai sambil berharap dapat menangkap ikan serupa,” ujar Ardiansyah di pinggir Kali Item kawasan Pademangan Timur, Pademangan, Jakarta Utara, Selasa (5/2).

Di kawasan tersebut terdapat puluhan orang yang penasaran terhadap penemuan seekor ikan arowana berwarna kuning emas. “Kami penasaran saja. Sebab, kalau seseorang menemukan biawak atau ular di sungai, biasanya masih ada hewan sejenis yang terdapat di kali tersebut. Mudah-mudahan di sini masih terdapat beberapa ikan arowana yang bisa ditangkap pakai jaring atau dipancing,” tambah Fahrozi yang sedang memancing ikan.

Ia berharap bisa menarik ikan bersisik tebal yang diyakini sejumlah komunitas sebagai simbol hoki atau pembawa keberuntungan.

Baca Juga:  Bikin Pelaminan di Jl MH Thamrin, ANIES Bakal Nikahkan 500 Pasangan Pada Malam Tahun Baru

Sebagaimana diketahui, pada Senin (4/2) sekira jan 10, petugas UPK Badan Air secara tak sengaja menangkap ikan arowana emas yang panjangnya sekitar 40 sentimeter. Ismail mengatakan penemuan ikan secara tidak sengaja.

“Saat kami mengangkut sampah di sekatan, tiba-tiba ada ikan berwarna emas. Setelah kami tangkap, ikan yang masih hidup segar itu kami tempatkan di ember,” ujar Ismail.

Selama disimpan di dalam ember, ikan berpenampilan mewah tersebut jadi tontonan banyak orang sehingga jadi heboh. Sebagian penonton memotret maupun merekam pakai ponsel yang kemudian menjadi viral.

Ismail mengaku sudah ada sejumlah orang yang tertarik untuk memeliharanya dan memberikan penawaran harga, mulai dari Rp 1 juta, Rp 8 juta, sampai Rp 20 juta. Tapi Ismail dan kawan-kawan belum mau menjualnya dan kemudian untuk sementara ikan dipelihara di kantor UPK Badan Air Jakut.

Berdasarkan perkiraan harga, ikan arowana jenis black gold, merupakan jenis yang mahal. Harga jauh di atas arowana jenis silver, red golden, green, brasil, red tail golden,maupun red banjar. Peringkat black golden hanya sedikit di bawah super red.

Untuk ukuran bodi 40 cm, ikan arowana black golden harganya mencapai puluhan juta rupiah, baik Rp 10 juta, Rp 20 juta maupun Rp 50 juta, namun namanya hewan kesayangan, harga tergantung pada kesepakatan antara penjual dan hobis. ■ RED/JOKO

Beri Tanggapan