27.4 C
Jakarta
19 April 2024 - 10:21
PosBeritaKota.com
Nasional

Rangkaian HPN di Surabaya, POLRI Berharap Media Jadi Pahlawan Pemilu 2019

SURABAYA (POSBERITAKOTA) – Berharap media di Indonesia menjadi pahlawan untuk Pemilihan Umum 2019 yang damai dengan mengedepankan semangat nasionalisme. Demikian Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol M Iqbal, di sela-sela diskusi bertajuk “Santun Bermedia untuk Pemilu Damai” dalam rangka Hari Pers Nasional 2019 di Surabaya, Rabu (6/2) malam, mengatakan caranya melalui penyajian berita-berita positif. Hingga mampu menjaga keamanan, ketertiban, dan perdamaian di seluruh daerah di Tanah Air.

Menurut Iqbal, tampilan berita-berita yang baik sangat membantu pesta demokrasi yang gembira dan ceria, termasuk tidak mencampuradukkan antara pemberitaan dan industri atau bisnis media semata.

“Kalau ada berita yang imbasnya memporakporandakan bangsa, harap jangan ditayangkan. Bantu polisi dan masyarakat untuk menjaga NKRI,” ucap mantan Wakapolda Jatim tersebut.

Jenderal bintang dua tersebut mengimbau media-media ‘mainstream’ lebih berhati-hati mengabarkan berita yang informasinya berasal dari media sosial, sebab tidak sedikit yang terverifikasi.

Sementara itu, Ketua umum PWI Pusat, Atal Sembiring Depari, sepakat media tidak menyajikan berita bernada provokatif yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. “Media wajib menciptakan perdamaian, tapi tetap harus kritis untuk menjadi yang lebih baik,” katanya.

Khusus di tahun politik, ia berharap media tidak berpihak, tetap netral, tidak berpolitik serta tidak membela satu kepentingan tertentu.

Turut hadir dalam diskusi itu, yakni Direktur Eksekutif Indonesia New Media Watch Agus Sudibyo, penanggung jawab HPN 2019 Margiono, budayawan Sujiwo Tedjo. ■ RED/AYID

Related posts

Bertepatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H, BAZNAS Resmikan UPZ di Masjid Universitas Indonesia Depok

Redaksi Posberitakota

Letupan Kawah Sileri Gunung Api Dieng Jateng Bisa Membahayakan Penduduk

Redaksi Posberitakota

Mobil Pilih Lewat Tol, KOTA-KOTA BESAR di Jateng & Jatim Bakal Dilalui Jutaan Motor Pemudik

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang