Diserahkan Gubernur Anies, BANK DKI Beri Bantuan CSR ke Korban Kebakaran di Tomang

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Sebagai bentuk kepedulian kepada korban bencana kebakaran di Rawa Kepa, Kel. Tomang, Bank DKI memberikan bantuan berupa 1.000 sak semen. Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan Gubernur Anies Baswedan didampingi Direktur Utama Bank DKI, Wahyu Widodo di posko pengungsian Jl Tomang Banjir Kanal, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Anies mengatakan bantuan dari Bank DKI sebagai kepedulian BUMD terhadap warga yang butuh pertolongan. “Saya minta kepada Pak Lurah untuk membagikan semen seadil-adilnya. Sedangkan warga agar memanfaatkan bantuan ini sebaik-baiknya. Semoga Bapak dan Ibu dapat segera membangun kembali rumahnya,” ujar Anies di lokasi, Kamis (14/2).

Acara serah terima bantuan dihadiri jajaran direksi Bank DKI, Walikota Jakbar Rustam Effendi, dan banyak lagi lainnya.

Corporate Secretary Bank DKI, Herry Djufraini menyampaikan, bahwa penyaluran bantuan CSR ini diharapkan dapat meringankan beban korban bencana kebakaran. “Bantuan ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial Bank DKI sebagai upaya merevitalisasi bangunan serta sarana dan prasarana yang terkena dampak bencana kebakaran di Rawa Kepa,” ujarnya.

Menurutnya kebakaran hebat terjadi pada tanggal 21 Januari 2019 di kawasan permukiman yang menghanguskan 166 rumah Jl. Rawa Kepa 1, yang terdiri dari tiga RW yakni 11, 14, dan 16 Kel. Tomang. Kebakaran tersebut mengakibatkan 1.251 jiwa dari 185 kepala keluarga (KK) kehilangan tempat tinggal.

Sepanjang tahun 2018, Bank DKI telah merealisasikan program CSR dengan nilai sebesar Rp 6,06 miliar yang utamanya disalurkan kepada sektor sosial kemasyarakatan sebesar 62,5%, pendidikan sebesar 13,7%, UMKM sebesar 15,5% dan sektor lainnya sebesar 8,3%. Dari realisasi CSR sebesar Rp 6,06 miliar sebanyak 72,44% atau sebesar Rp4,38 miliar ditujukan untuk mendukung program kerja Pemprov DKI Jakarta.

Baca Juga:  Bersaing dengan PKS, M TAUFIK Siap Dijagokan Sebagai Wagub Pengganti

“Pada tahun 2018, sebagai apresiasi atas implementasi CSR Bank DKI terkait dengan Pemprov DKI Jakarta, untuk kali kedua Bank DKI mendapatkan penghargaan Padmamitra Award dari Pemprov DKI Jakarta,” ujar Herry.

Adapun sejumlah kegiatan utama CSR Bank DKI tahun 2018 di antaranya adalah pemberian fasilitas kios dagang pelaku IKM di Lokbin Pasar Minggu (Jakarta Selatan), Renovasi Sarana & Prasarana SLB Negeri 4 (Jakarta Utara) dan bantuan kepada korban bencana alam Krukut (Kuningan Cirebon), Pengadegan & Rawajati Jakarta Selatan, Lombok Timur (Nusa Tenggara Barat), Palu, Sigi & Donggala (Sulawesi tengah) serta Selat Sunda (Banten).

Bank DKI juga melakukan pemanfaatan sarana teknologi pada aplikasi JakOne Mobile dalam penyaluran bantuan.

JakOne Mobile sendiri merupakan aplikasi layanan keuangan digital yang terdiri mobile banking dan mobile wallet dan dapat dipergunakan untuk melakukan transaksi kebutuhan sehari-hari. JakOne Mobile memiliki teknologi scan to pay dimana pengguna hanya perlu melakukan scan QR (Quick Response) code untuk memberikan donasi dalam penyaluran bantuan CSR. ■ RED/JOKO

Beri Tanggapan