Digelar di Kota Solo, RAKORNAS ZAKAT Dorong RI Jadi Sentra Ekonomi Islam Dunia

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) akan menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Zakat 2019 di Kota Solo, Jawa Tengah, selama tiga hari, Senin-Rabu (4-6/3). Rapat yang diagendakan dibuka oleh Menteri Agama Luqman Saifuddin tersebut diikuti 650 peserta dari seluruh Indonesia yang terdiri atas BAZNAS pusat, propinsi, dan kabupaten/kota serta LAZ nasional dan daerah.

Wakil Ketua BAZNAS, Dr Zainulbahar Noor SE M.Ec, menjelaskan pembahasan rapat antara lain soal visi BAZNAS menjadi pengelola zakat terbaik dan terpercaya di dunia. “Rakornas zakat tahun ini mengusung tema ‘Optimalisasi Pengelolaan Zakat untuk Mengentaskan Kemiskinan dan Meningkatkan Kesejahteraan Menuju Indonesia Pusat Ekonomi Islam Dunia’,” ujar s di Kantor BAZNAS, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (1/3).

Zainul yang mantan Dubes RI untuk Yordania merangkap Palestina satu ini, menjelaskan bahwa Rakornas Zakat bertujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan zakat, menguatkan peran BAZNAS dan lembaga amil zakat (LAZ) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menanggulangi kemiskinan, baik material maupun spiritual.

“Sekaligus melakukan evaluasi kinerja organisasi pengelola zakat, meningkatkan transparansi, akuntabilitas dan profesionalisme pengelolaan zakat,” ucap Zainul.

Baca Juga:  Pilkada Juni 2018, POLRES bersama KODIM 0602 SERANG Satukan Langkah agar Aman dan Damai 

Dia menjelaskan, Rakornas Zakat mengupas seputar komitmen setiap BAZNAS dan LAZ untuk menyampaikan laporan pengelolaan zakat semester I _(unaudited)_ dan tahunan _(audited)_ sesuai peraturan perundang-undangan sebagai prakondisi organisasi pengelola zakat menjadi lembaga keuangan syariah yang diawasi dan disupervisi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tak hanya itu, tutur Zainul, Rakornas Zakat akan menyempurnakan dan memperkuat pelaksanaan sistem dan prosedur oleh setiap BAZNAS dan LAZ, meningkatkan kepatuhan organisasi pengelola zakat (OPZ) terhadap peraturan perundang-undangan.

Sementara itu Ketua Umum Panitia Rakornas Zakat 2019 yang juga Sekretaris BAZNAS Drs H Jaja Jaelani MM, menjelaskan dalam kegiatan tersebut diikuti 650 peserta dari seluruh Indonesia yang terdiri atas BAZNAS pusat, BAZNAS provinsi, BAZNAS kabupaten/kota serta LAZ nasional dan daerah.

“Beberapa kepala daerah diundang dan mereka menyatakan siap hadir. Beberapa menteri juga sudah menyampaikan kesediaannya untuk hadir antara lain, Menteri Agama, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Gubernur Bengkulu, Gubernur Bangka Belitung, Gubernur Kalimantan Utara, Gubernur Gorontalo, Gubernur Maluku Utara. ■ RED/JOKO/G

Beri Tanggapan