Gelar Festival Band, KPU Ajak Kaum Milenium Aktif Pada Pemilu 2019

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Jakarta Selatan, Isnawa Adji mengapresiasi langkah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Selatan (Jaksel) menggelar Festival Band. Kegiatan tersebut, merupakan salah satu langkah KPU untuk mengajak pemilih pemula atau yang dikenal pemilih millenial untuk aktif dalam Pemilu 2019 yang akan digelar pada 17 April mendatang.

“Saya berterima kasih atas inisiatif KPU Jaksel yang menggelar festival band ini. Ini tentunya untuk mengajak anak-anak muda, generasi millenial aktif dalam pemilu,” ujar Isnawa saat menghadiri Festival Band KPU di One Bellpark Mall, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan, Minggu (10/3) kemarin.

Menurutnya, festival ini bisa menjadi wadah anak muda untuk menyalurkan potensi dan bakat musik, sekaligus mengajak kaum muda aktif dalam Pemilu 2019, dengan nenyanyikan jingle pemilu.

“Ini menarik sekali, karena pendidikan politik tidak selalu dikemas dengan formal, tapi juga bisa kegiatan yang lebih menarik seperti festival band ini,” ujar mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI.

Dalam kesempatan tersebut ia berharap, festival band ini, bisa memberikan pendidikan politik kepada generasi muda, sehingga tingkat partisipasi kaum pemula di Jaksel menjadi tinggi, dari sebelumnya.

Ketua KPU Jakarta Selatan, Agus Sudono menerangkan, festival ini diikuti kurang lebih 11 band. “Ini adalah satu satu program secara nasional KPU RI kepada KPU se-Indonesia, termasuk KPU Jaksel.

Baca Juga:  Setelah di Belanda, RELAWAN SEDULUR JOKOWI Merambah Galang Dukungan Sampai ke Bangkok

Kegiatan ini digelar dalam rangka mensosialisasikan kepada kawula muda atau kaum millenial, untuk berperan aktif datang ke TPS dan ikut memilih calon pemimpin kita,” tuturnya.

Ia menerangkan, di Jakarta Selatan kurang lebih ada 1,7 juta pemilih, dan 10 persen di antaranya adalah pemilih milenial di usia pemula dan muda. “Diharapkan agar adik-adik ini pada melek politik. Kaitan yang lain, ini adalah bagian langkah strategis KPU Jaksel untuk bisa menambah wawasan, dan serta memberi edukasi politik kepada kawula muda,” ungkap Agus.

Para peserta festival band ini nanti akan diseleksi oleh para juri. Selanjutnya, akan ditentukan siapa yang terpilih di tiga besar, untuk menuju seleksi di KPU tingkat DKI.

Syarat mengikuti festival ini yaitu usia 17 sampai 30 tahun, dan yang diutamakan masyarakat yang berdomisili di Jakarta Selatan. Setiap band wajib membawakan jingle Pemilu 2019.

Salah satu peserta, Hendriko mengungkapkan, motivasi grup bandnya mengikuti Festival Band KPU Jaksel adalah untuk mengajak teman-teman muda atau kaum milenial untuk ikut serta dan makin dalam Pemilu 2019.

“Kita sebagai kaum muda, kaum millenial, harus memilih, lima menit untuk lima tahun. Kita memilih karena untuk bangsa kita sendiri. Semoga kita akan memiliki pemimpin yang bisa membawa Indonesia menjadi lebih baik,” ucap vokalis Band Raskrim tersebut. ■ RED/JOKO/GOES

Beri Tanggapan