Demi Menopang Demokrasi, KOMISI YUDISIAL Sebut Media Massa Memiliki Peranan Penting

MEDAN (POSBERITAKOTA) – Media massa memiliki peranan penting dalam menopang proses demokrasi. Demikian Kepala Pusat Analisis dan Layanan Informasi Komisi Yudisial (KY), Roejito, dalam
sambutannya pada pembukaan workshop dan diskusi sinergitas Komisi Yudisial (KY) dengan Media Massa, di Medan, Sumatera Utara, Rabu (13/3) kemarin.

“Apalagi, pers merupakan pilar keempat demokrasi dan memiliki peranan penting dalam mencerdaskan bangsa,” kata Roejito.

Menurut Roejito lebih lanjut bahwa dalam Workshop dengan tema ‘Peran Media Massa dalam Mewujudkan Peradilan Bersih’. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama antara KY dengan media massa dalam rangka membangun peradilan yang bersih.

“Bahkan, media massa dapat membantu KY dalam mengawasi perilaku hakim,” ujarnya.

Baca Juga:  Soal Mar'uf Amin DPS di Bank Syariah, REFLY HARUN Sebut Ada 3 Hal Bisa Ditempuh MK

Dia mengatakan media massa juga dapat ikut mengontrol dan berpengaruh dalam kekuasaan kehakiman. Sesuai dengan amanat Konstitusi, KY berwenang mengusulkan pengangkatan hakim agung dan mempunyai wewenang lain, dalam rangka menjaga, serta menegakkan kehormatan, keluhuran, martabat, dan perilaku hakim.

Melalui pemberitaan media massa diharapkan dapat membantu KY menyampaikan apa yang dilakukan oleh institusi tersebut kepada masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya.

“Melalui forum ini diharapkan para jurnalis memiliki pemahaman yang utuh dan konfrehensip tentang KY,serta dmendorong penyajian pemberitaan kasus hukum serta peradilan yang sesuai hukum, dan kode etik jurnalistik,” katanya. ■ RED/ADEK/AYID

Beri Tanggapan