Jangan Buang Lemak di WC, PD PAL JAYA Sosialisasikan Pemeliharaan IPAL Komunal

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Masyarakat pengguna WC komunal diminta turut memelihara fasilitas tersebut agar awet. Untuk itu BUMD bidang air limbah PD PAL Jaya terus mensosialisasikan pemeliharaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal dan penyedotan lumpur tinja secara berkala di kawasan permukiman padat yang terdapat fasilitas tersebut.

Untuk kegiatan sosialisasi kali ini ditujukan kepada warga RW 07, Pondok Labu, Jakarta Selatan. IPAL Komunal di dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Fasilitas tersebut sangat bermanfaat bagi warga yang sebelumnya buang hajat sembarangan karena di rumah tak ada WC.

“IPAL ini dibangun untuk digunakan secara massal oleh warga. Untuk itu, warga wajib menjaga kebersihannya,” ujar Kepala Sub Unit Layanan Lumpur Tinja Terjadwal dan Non Terjadwal PD PAL Jaya, Marlina Situmorang di lokasi, Kamis (14/3).

Demi menjaga kebersihan dan keawetan IPAL tersebut, kata Marlina, warga dilarang membuang sampah rumah tangga di kloset tersebut. “Contohnya sampah berupa lemak sisa makanan dan sebagainya, jangan dibuang ke kloset karena dapat menyumbat aliran tinja pada pipa IPAL tersebut,” ujar Marlina kepada sejumlah warga, pengurus RT RW dan tokoh masyarakat.

Baca Juga:  Pemprov DKI Alokasikan Anggaran Rp 3,9 M, KALI ITEM Segera Dibangun 10 IPAL Komunal

Selain pemeliharaan jaringan pipa, warga setempat juga diminta melakukan penyedotan rutin setiap dua tahun sekali. “Kapasitas IPAL di sini tidak terlalu besar. Maka tiap dua tahun sekali harus dilakukan penyedotan,” tandasnya.

Mardani, salah satu warga mengaku sangat terbantu adanya IPAL Komunal di lingkungan tempat tinggalnya sehingga mengubah perilaku hidup yang lebih sehat.

“Semoga pemerintah juga merawat fasilitas ini, misalnya melakukan penyedotan tinja. Sebab kalau hal ini dibebankan kepada warga dikhawatirkan tidak akan jalan karena banyak warga yang susah diajak patungan membiayai penyedotan tersebut,” usulnya. ■ RED/JOKO/G

Beri Tanggapan