Agar Nyata & Sempurna, SENATOR DAILAMI FIRDAUS Minta Ormas Berperan Aktif Implementasikan 4 Pilar Kebangsaan

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Implementasi 4 Pilar Kebangsaan akan semakin nyata dan sempurna, jika organisasi kemasyarakatan (Ormas) ikut berperan aktif mensosialisasikan kepada masyarakat serta menerapkannya dalam sistem organisasinya.

Permintaan tersebut diungkapkan Prof Dailami Firdaus, Senator asal DKI Jakarta, saat menggelar sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, NKRI), Minggu (17/3) kemarin di Jakarta.

Menurut Prof Dailami bahwa peran Ormas akan semakin menyempurnakan sosialisasi dan termasuk dalam hal pengimplementasian nilai-nilai 4 Pilar Kebangsaan yang langsung dapat dilaksanakannya dalam kehidupan berinteraksi dengan masyarakat.

“Jadi, jika hanya berharap dari giat-giat sosialisasi saja, pasti tidak akan maksimal. Malah, menurut saya, justru akan sama sekali tidak berarti. Karena itu, salah satu jangkar terdepan dan paling tepat adalah Ormas,” sebut Bang Dailami, sapaan akrab Prof Dr H Dailami Firdaus, anggota MPR/DPD RI kepada POSBERITAKOTA.

Baca Juga:  Terkait Yerusalem, GP ANSOR Kota Surabaya Minta Prabowo Cabut Pernyataannya

Dikatakan Bang Dailami, Ormas lahir, tumbuh dan berkembang subur di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Terutama, tambah dia, Ormas-Ormas kedaerahan seperti Forkabi. Karena itu, Forkabi sebagai Ormas terbesar di Betawi, harus mampu menjadi garda terdepan. Apalagi jelas dalam sejarah lahirnya negeri tercinta ini, tidak lepas dari peran serta masyarakat Betawi.

“Apabila Ormas peduli, ikut berpartisipasi aktif dan menghayati 4 Pilar Kebangsaan itu secara utuh, maka saya yakin akan segala apa yang terkandung dalam nilai nilai tersebut bakal mudah dipahami serta dijalankan oleh masyarakat,” paparnya.

Bang Dailami pun menekankan bahwasannya nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, jangan hanya sekadar dihafal saja. “Yang paling penting adalah mengimplementasikan pesan moral dan nilai-nilai yang terkandung dalam 4 Pilar Kebangsaan itu sendiri,” tutupnya. ■ RED/AGUS SANTOSA

Beri Tanggapan