32.3 C
Jakarta
29 March 2024 - 14:31
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Rapat Bersama Presiden Jokowi, PEMPROV DKI Siap Bangun Moda Transportasi Terpadu

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama jajaran Pemerintah Daerah Jabodetabek melakukan rapat terbatas dengan Presiden RI Joko Widodo beserta jajaran Menteri di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, pada Selasa (19/3).

Rapat yang dilanjutkan dengan tinjauan MRT Jakarta tersebut mengagendakan dua hal utama, yaitu konsolidasi pengelolaan transportasi publik dan pembangunan infrastruktur sistem transportasi.

“Pengelolaan transportasi di DKI dan Jabodetabek itu harus dalam sebuah badan yang terintegrasi. Badan itu bukan berarti membuat lembaga baru, yang ada diintegrasikan. Sekarang kita ada MRT, LRT, KCI, ada kereta Bandara. Itu semua badannya sendiri-sendiri. PT-nya sendiri. Karena itu, nanti dibuatkan, istilah dari Bapak Presiden yaitu entitas baru. Entitas baru ini adalah mengintegrasikan dari yang sudah ada, kemudian entitas baru ini nantinya yang akan melaksanakan pengelolaan tansportasi di DKI,” kata Anies usai mengikuti rapat di Istana Merdeka, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (19/3).

Lebih lanjut, Anies menyampaikan bahwa badan yang mengintegrasikan seluruh moda transportasi publik ini diharapkan akan memudahkan tata kelola sistem transportasi karena berada dalam kesatuan organisasi. Selain itu, subsidi yang diberikan Pemprov DKI Jakarta juga akan melalui satu pintu, sehingga tidak perlu dipisahkan antarmoda transportasi. Entitas baru yang direncanakan hadir sebelum bulan Juli 2019 tersebut akan berada di bawah kontrol Pemprov DKI Jakarta.

“Sedangkan yang kedua adalah mengenai pembangunan. Pembangunan sistem transportasi, pembangunan air bersih, severage system (sistem limbah; gorong-gorong), itu akan dikebut dalam 10 tahun. Proposal yang dibawa Pemprov DKI Jakarta disetujui. Presiden Jokowi menugaskan kepada Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan perencanaan bagi pembangunan semua infrastruktur transportasi, sekaligus pengelolaannya,” tambah Anies.

Selain itu, Gubernur Anies pun menjabarkan bahwa pembangunan infrastruktur transportasi meliputi keberlanjutan proyek jalur MRT yang diharapkan dapat sepanjang 231 kilometer untuk menjangkau wilayah-wilayah Jakarta.

Anies juga mengutarakan, Presiden Jokowi menggarisbawahi bahwa perencanaan Fase II MRT Jakarta harus selesai pada April 2019. Begitupun dengan LRT, diharapkan pembangunannya akan lebih luas agar bisa terintegrasi dengan moda transportasi publik lainnya.

Usai rapat, Anies bersama kepala daerah lain ikut mendampingi Jokowi menaiki kereta MRT jurusan Bundaran HI – Lebak Bulus. ■ RED/JOKO/G

Related posts

Meski Sudah 5 Hari Kerja, LALU LINTAS IBUKOTA Masih Belum Terjebak Macet

Redaksi Posberitakota

Tertutup Sampah dan Tanah, TALI AIR MH Thamrin Dibersihkan Petugas Gabungan

Redaksi Posberitakota

Perkenalkan Ruang Ketiga, GUBERNUR ANIES BASWEDAN Ajak Delegasi U-20 Keliling Jakarta

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang