25.6 C
Jakarta
19 April 2024 - 05:48
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Rayakan HUT ke-36, DEKRANASDA DKI Gelar Pameran & Bazar di Jakpus

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI Jakarta menggelar pameran dan bazar di Gedung Dinas Teknis Abdul Muis, Jakarta Pusat. Kegiatan yang menampilkan produk unggulan para perajin binaan dalam rangka merayakan HUT Ke-39 Dekranasda DKI dibuka oleh Ferry Farhati selaku ketua lembaga tersebut sekaligus istri Gubernur Anies Baswedan.

Dekranasda DKI sebagai mitra Pemprov DKI Jakarta dalam pembinaan dan pengembangan seni kerajinan. “Di usia baru ini kami semakin berkomitmen untuk membina perajin dan berjalan bersama melestarikan warisan budaya bangsa khususnya budaya Jakarta,” kata Fery Farhati usai membuka pameran tersebut, Rabu (20/3).

Ferry menambahkan berbagai kegiatan disiapkan untuk memfasilitasi dan mengembangkan potensi perajin Jakarta serta keterlibatan masyarakat dalam mendukung seni kerajinan. “Kegiatan kami sepanjang tahun 2019 di antaranya terdiri dari 11 pameran, 23 workshop dan pelatihan dalam bidang daya saing, manajemen usaha dan kreatif, serta kompetisi desain lifestyle Jakarta yang terbuka untuk masyarakat umum,” sambungnya didampingi sejumlah istri walikota.

Dekranasda DKI Jakarta saat ini aktif membina 314 perajin Jakarta yang mengembangkan ragam motif khas Jakarta melalui berbagai seni kerajinan. Bahan dasar kerajinan yang digunakan cukup bervariatif mulai dari kerajinan berbahan dasar batu alam, kayu, keramik, logam, material asli alam lainnya, serat alam, sampai dengan lembaran kain atau tekstil. Bahkan, beberapa perajin memanfaatkan limbah sebagai bahan dasar produknya.

Ayi Fatmawati, salah satu Perajin Jakarta dengan brand Artha Betawi Craft menambahkan kegiatan ini bagus bagi perajin. “Kami memanfaatkan limbah kayu sebagai bahan dasar berbagai kerajinan yang kami produksi. Dengan pembinaan dan kesempatan pengembangan usaha yang diberikan oleh Dekranasda DKI Jakarta, kini produk kami semakin berkembang dan mampu melakukan pemasaran secara lebih mudah karena Dekranasda DKI Jakarta juga memfasilitasi perajin untuk ikut serta dalam berbagai pameran,” paparnya.

Selain melalui kegiatan pameran, Dekranasda DKI Jakarta juga terus memaksimalkan pengelolaan sepuluh gerai yang tersebar di berbagai wilayah di Jakarta sebagai sarana pemasaran hasil karya perajin.

Kesepuluh gerai tersebut berlokasi di Lantai 1 Gedung Dinas Teknis Abdul Muis, Blok G Balaikota DKI Jakarta, Gedung Mitra Praja, Lantai 1 Blok H-31 Pusat Perbelanjaan Thamrin City, Lantai 2 Mall Artha Gading dan seluruh Kantor Walikota Administrasi DKI Jakarta. Kerjasama dengan berbagai pihak mulai dari swasta hingga pemerintah provinsi dan pusat juga terus dijalin sebagai upaya untuk memperluas kesempatan perajin dalam mengembangkan diri. ■ RED/JOKO/G

Related posts

Di Ramadhan 1444 H, KETUA KOMISI DPRD D DKI IDA MUHMUDAH Beli Dagangan Jakpreneur untuk Berbagi Takjil ke Jurnalis Balaikota

Redaksi Posberitakota

Datang ke Pluit, WAGUB SANDI Tinjau Laboratorium Hasil Perikanan

Redaksi Posberitakota

Biar Kinerja Terarah, DPE DKI JAKARTA Gelar Renja 2020 Berorientasi RPJMD

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang