Ada 9961 Jiwa Masih di Pengungsian, BAZNAS Beri Layanan Kesehatan di Sentani Papua

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) memberikan layanan kesehatan bagi korban banjir bandang di Sentani, Jayapura, Papua. Pelayanan kesehatan dilakukan di salah satu titik pengungsian di Masjid Darul Ulum Doyo Baru, Sentani, Jumat (22/3).

Direktur Rumah Sehat BAZNAS Indonesia (RSBI), Dr M Ridho, mengatakan bahwa hingga hari ketujuh pascabencana, tercatat setidaknya sebanyak 9.691 jiwa mengungsi di 15 titik berbeda.

“BAZNAS menerjunkan tim dari RSB Makassar dan Tim Kesehatan BAZNAS Papua untuk memberikan pelayanan kesehatan secara gratis. Pada pagi ini pelayanan dilakukan di Masjid Darul Ulum Doyo Baru yang terletak diantara BTN Indah Permai, BTN Datsua, BTN Kolam Bawah, dan BTN Harmon, Sentani,” katanya lewat rilis yang dikirim kepada wartawan di Jakarta.

Baca Juga:  Rekan Indonesia Minta Perbaikan Layanan Kesehatan di DKI jadi Program Kerja 100 Hari Anies-Sandi 

Ia menambahkan kalau banyak pengungsi yang mengeluhkan berbagai macam penyakit, mulai dari gatal-gatal, batuk, hingga diare. Setelah diperiksa para pengungsi langsung diberikan obat dengan kualitas baik.

“Selain memberikan layanan kesehatan, BAZNAS juga sekaligus mengedukasi masyarakat tentang bagaimana cara hidup sehat, terutama di pengungsian dalam kondisi pascabencana agar bisa mengurangi potensi terjangkitnya penyakit,” kata Ridho.

Selain memberikan pelayanan kesehatan, di lokasi tersebut, BAZNAS juga melakukan pendistribusian logistik bantuan terhadap para pengungsi. Setelah dari lokasi Masjid Darul Ulum Doyo Baru, tim Kesehatan BAZNAS akan berkeliling ke sejumlah titik pengungsian di Sentani. ■ RED/JOKO/G

Beri Tanggapan