30.9 C
Jakarta
19 March 2024 - 12:38
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Soal Perubahan Iklim Jakarta, GUBERNUR ANIES Bahas Bersama Direktur C40 Mark Watts

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Pemprov DKI Jakarta berkomitmen meningkatkan aksi penanggulangan perubahan iklim yang mencakup upaya mereduksi emisi gas rumah kaca dan beradaptasi terhadap dampak pemanasan global. Gubernur Anies Baswedan, mengumumkan komitmen tersebut bersama dengan Mark Watts, Direktur Eksekutif C40 yang sedang berkunjung ke Balaikota DKI Jakarta, Jumat (29/3).

Anies menyampaikan perlu adanya aksi percepatan penanggulangan terhadap perubahan iklim dengan berbagai kegiatan yang tepat. “Jakarta menegaskan komitmennya untuk meningkatkan berbagai macam kegiatan penanggulangan perubahan iklim,” katanya.

Menurut Anies, Jakarta memiliki tantangan masalah lingkungan yang tidak kecil. “Untuk itu langkah yang kita akan lakukan menyangkut pengendalian emisi, antara lain dari kendaraan bermotor dan kegiatanperekonomian,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Anies turut menyampaikan apresiasi kepada C40 Cities Climate Leadership Group yang telah mendukung Jakarta melalui Climate Action Planning Framework. “Jadi, pertemuan ini juga membahas tentang rencana besar untuk Jakarta menjadi kota yang ramah lingkungan dankota yang seluruh kegiatannya diorientasikan pada pelestarian. Ini adalah sebuah perjalanan panjang, perlu waktu, tapi kita mulai sedikit demi sedikit,” tutur Anies.

Melalui kerja sama dengan C40 Cities Climate Leadership Group dan atas dukungan dari Pemerintah Denmark, Pemprov DKI Jakarta akan memulai proses penyusunan Inclusive Climate Action Plan (ICAP).

ICAP akan merangkum serangkaian aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim. Aksi mitigasi atau pengurangan emisi akan difokuskan di sektor transportasi, produksi dan konsumsi energi, bangunan hijau, serta pengelolaan sampah. Sementara itu, aksi adaptasi akan menitikberatkan kesiapan kota dan warganya dalam menghadapi dampak perubahan iklim.

Dalam keterangannya, Direktur Eksekutif C40, Mark Watts, mengungkapkan Jakarta adalah salah satu kota metropolis paling rentan di dunia terhadap dampak perubahan iklim. Pemanasan global saat ini, lanjut Watts, telah mengakibatkan peningkatan curah hujan dan bentuk cuaca ekstrem lainnya, yang berujung pada banjir dan kenaikan muka air laut.

“Gubernur Baswedan dan warga Jakarta paham betul pentingnya aksi iklim yang lebih ambisius. Saya merasa terhormat dapat berada di sini menyaksikan komitmen Jakarta untuk bergabung dengan lebih dari 80 kota di dunia dalam mendukung pencapaian Paris Climate Agreement. Dengan bekerja bersama, kita dapat menciptakan masa depan yang lebih baik bagi kota kita,” tandas Watts.

Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencanangkan target penurunan emisi gas rumah kaca di tahun 2009, telah dilakukan serangkaian aksi mitigasi. Dari beragam aksi mitigasi yang dilaksanakan di wilayah DKI Jakarta sepanjang tahun 2017, menunjukkan capaian reduksi emisi sebesar 7,8 juta ton CO2e, atau sebesar 22 persen dari target Pemprov DKI Jakarta di tahun 2030. ■ RED/JOKO/TAG

Related posts

Rayakan HUT ke-18, PT JAKPRO Raih Pencapaian BUMD Terbesar di Pemprov DKI

Redaksi Posberitakota

Tentang Reklamasi Perluasan Ancol, NASDEM Pelit Bicara & Demokrat Siap Dukung dengan Catatan

Redaksi Posberitakota

Kunjungi HBKB Antasari Sky Sport, WALIKOTA JAKSEL Puji Pemandangan Indah

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang