29.1 C
Jakarta
20 April 2024 - 21:19
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Hadiri Acara PMT-AS, ANIES Minta Anak Sekolah Diberi Varian Makanan Bergizi

JAKARTA (POSBERITAKOTA) –Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau pelaksanaan program Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS) di SDN Kedaung Kali Angke 03 dan 08 Pagi, di Cengkareng, Jakarta Barat. Dalam peninjauannya,dia meminta agar anak-anak diberikan makanan bervariasi agar nutrisinya lengkap sehingga bagus buat pertumbuhannya.

“Kami datang untuk meninjau pelaksanaan program ini. Kami mendorong program ini dengan beberapa terobosan. Salah satunya adalah variasi makanannya. Kalau dulu ada dua, sekarang 29 jenis,” ucap Anies di lokasi, Jumat (5/4).

Kedatangan Anies didampingi Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Ratiyono, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti, Walikota Jakarta Barat Rustam Effendi, dan Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Catur Laswanto, beserta jajaran pejabat sekolah terkait.

Menurutnya bahwa 29 varian menu tersebut secara bergantian sesuai penjadwalan yang ditetapkan akan diberikan kepada peserta didik secara bergiliran (tabel menu terlampir). “Menu-menu yang disajikan telah berdasarkan rekomendasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta yang terdiri dari jenis makanan sehat, bergizi, beragam, berimbang, dan aman untuk dikonsumsi oleh siswa,” papar Anies.

Dari segi pengemasan, penyajian dan pendistribusiannya pun dipantau oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Tahun ini juga merupakan pertama kalinya PMT-AS dilaksanakan secara swakelola oleh Komite Sekolah yang terdiri dari orang tua siswa dan masyarakat sekitar sekolah.

Tujuan program tersebut untuk meningkatkan kecukupan asupan gizi peserta didik, meningkatkan ketahanan fisik siswa dalam mengikuti kegiatan belajar, menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) serta meningkatkan partisipasi masyarakat langsung di lingkungan sekolah.

“Kota ini anak-anaknya harus mendapat asupan makanan sehat yang baik, sehingga gizi mereka tercukupi dan mereka sehat secara jasmani untuk mengikuti segala kegiatan belajar,” tegas Anies. Ia berharap program ini semoga bisa menjangkau seluruh kelurahan, khususnya yang masuk kategori kampung klasifikasi masyarakat kurang mampu.

Seperti diketahui bahwa jumlah sekolah yang menerima PMT-AS sebanyak 459, terdiri dari 375 sekolah SD sebanyak 137.718 siswa, 75 sekolah TKN dan TPAN sebanyak 5.304 siswa, dan 9 sekolah SLB sebanyak 1.700 siswa. Adapun alokasi anggaran untuk setiap peserta didik per hari sebesar Rp 10.890,- yang diberikan selama hari efektif sekolah, dengan total anggaran PMT-AS sebesar Rp 325 miliar. ■ RED/JOKO/G

Related posts

Di Jakarta Islamic Center, ANIES Melepas 1110 Pemotong Hewan & Pemeriksa Kesehatan

Redaksi Posberitakota

Dengan Menggandeng Unsur ‘Tiga Pilar’ Lainnya, POLRESTRO BEKASI KOTA Terapkan 3T & 3M di Lokasi Pasar Baru

Redaksi Posberitakota

Direktur Pelaksana Kementerian PUPR, MIEKE MARTAWIDJAYA Sebut Soal Pengembangan Insfrastruktur Jaringan Air Minum Terkendala Masalah Dana

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang