Survei Top Brand dari Puskaptis, PRABOWO-SANDI Ungguli Jokowi-Mar’uf

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Elektabilitas pasangan nomor urut 2 Prabowo – Sandiaga mengungguli pasangan petahana Jokowi-Makruf. Hal itu terjadi pada hasil penelitian lembaga survei Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) yang dilakukan pada tanggal 6 Maret sampai 2 April 2019.

Direktur Eksekutif Puskaptis Husen Yazid mengatakan berdasarkan survei ketiga atau yang terbaru, elektabilitas Prabowo meningkat. “Elektabilitas pasangan nomor 2 mencapai 47,59 persen, mengungguli pasangan nomor 1 yang meraih sebesar 45,37 persen,” ujar Husen saat merilis hasil Survei Nasional Top Brand Pasangan Capres Vawapres di Mata Publik di kawasan Menteng, Jakpus, Senin (8/4).

Sementara itu mereka yang belum menentukan pilihan alias swing voter, tapi akan berpartisipasi dalam Pilpres 2019, jumlahnya sebanyak 7,04 persen. “Dengan tren positif seperti ini, boleh jadi Prabowo-Sandi di ambang kemenangan,” kata Husen pada acara yang dihadiri Habiburahman pimpinan DPP Gerindra yang juga mewakili pihak pemenangan Prabowo. Husen sebenarnya juga mengundang perwakilan TKN Jokowi, namun yang bersangkutan tidak hadir.

Baca Juga:  Hasil Rekapitulasi Data Aplikasi AyoJagaTPS.com, PRABOWO-SANDI Raih Suara 59,74 Persen

Tingginya elektabilitas Prabowo-Sandi, menurut Husen, karena mayoritas responden menginginkan perubahan dan presiden baru. “Sosok Prabowo-Sandi juga dipandang mampu memperbaiki kondisi ekonomi saat ini serta memiliki karakter tegas dan berwibawa,” ujarnya.

Survei tersebut dilakukan pada 26 Maret-2 April 2019, secara proporsional di 34 provinsi yang mempunyai hak pilih dalam Pilpres 17 April 2019. Yakni mereka yang telah berusia 17 tahun atau sudah menikah dan terdaftar di KPU sebagai pemilih ketika survei dilakukan.

Selanjutnya random di tingkat kabupaten, kecamatan, kelurahan/desa, kampung/RW/RT, penyebaran wilayah di 50 persen perkotaan dan 50 persen pedesaan. Jumlah sampel responden yang diambil sebanyak 2.100 orang. Penentuan responden dilakukan secara random sistematis, dengan margin error + 2,4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. β–  RED/JOKO/G

Beri Tanggapan