Diikuti 772 Anak Didik TK-SMA, SUDIN PUSIF Jakarta Pusat Gelar Hanjaba

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Bertepatan dengan Hari Buku Sedunia yang jatuh pada tanggal 23 April, Sudin Perpustakaan dan Kearsipan (Pusif) Jakarta Pusat menggelar kegiatan Hari Anak Membaca (Hanjaba). Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut dibuka Walikota Bayu Meghantara.

“Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan minat baca di kalangan generasi muda,” ujar Walikota tersebut dalam acara pembukaan Hanjaba 2019 di kantor Sudin Pusif Jakpus, Selasa (23/4).

Karena itu, Bayu langsung mengucapkan selamat kepada adik-adik peserta Hanjaba untuk mengikuti berbagai kegiatan hiburan dan aneka lomba kreatif. Sedangkan acara itu sendiri bertemakan ‘Baca Wujudkan Mimpi’.

Kepala Sudin Pusif Jakpus, Meti Lastri menjelaskan sebagai wujud apresiasi terhadap Hari Buku Sedunia, pihaknya melaksanakan kegiatan Hanjaba yang diisi dengan beragam jenis lomba.

“Kegiatan ini merupakan gerakan untuk menggelorakan kegemaran membaca kepada anak-anak dan para generasi muda. Untuk mendorong generasi muda yang mudah mewujudkan mimpi karena cerdas berkat kebiasaan membaca sejak dini,” ujar Meti didampingi Kasi Perpustakaan Tanwil.

Hanjaba tahun ini diikuti oleh 722 peserta dengan rincian yaitu jenjang TK (134 peserta), SD (299 peserta), SMP (101 peserta), SMA/SMK (188 peserta). Kegiatannya pun mendapat apresiasi dari masyarakat wilayah Jakarta Pusat dengan antusiasme yang luar biasa besar di tahun ini.

Baca Juga:  Olahraga Sambil Urus STNK, SAMSAT KELILING di CFD Diminati Wajib Pajak

“Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya respon dari masyarakat untuk bisa berpartisipasi dalam ajang lomba pada kegiatan Hanjaba,” sambungnya.

Rangkaian lomba tersebut meliputi lomba mewarnai, menggambar, bercerita, membaca puisi, pidato bahasa inggris, membuat resensi buku, dan menulis konten blog.

Pelaksanaan kegiatan Hanjaba yang dilaksanakan selama 3 hari di Sudin Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Pusat. Selain beragam jenis lomba, aktivitas lain untuk meramaikan acara adalah tari-tarian, serta beragam bazar. Rangkaian acara HANJABA akan berakhir pada Kamis, 25 April 2019 dengan pengumuman pemenang seluruh kategori lomba.

Dengan diselenggarakannya kegiatan Hanjaba 2019, diharapkan dapat terus memberikan kontribusi dalam meningkatkan minat dan kegemaran membaca.

Hal itu terlihat dari indikator jumlah anggota dan kunjungan ke perpustakaan umum kota dan perpustakaan yang ada di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) meningkat. Sekaligus meningkatkan citra kota Jakarta sebagai provinsi literasi pertama di Indonesia.

“Sejalan dengan visi Pemprov DKI Jakarta yakni menjadikan Jakarta kota aman, sehat, cerdas, berbudaya dengan memperkuat nilai-nlai keluarga dan memberikan ruang kreativitas bagi masyarakat,” jelasnya. ■ RED/JOKO/G

Beri Tanggapan