Jakarta Banjir Lagi, BAZNAS Selalu Tanggap Bencana Bantu Evakuasi Korban

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) melalui tim Baznas Tanggap Bencana (BTB) terjun memberikan pelayanan kepada masyarakat korban banjir di kawasan Jalan Raya Kali Bata, Kelurahan Cililitan, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur. Jumat, (26/4). Tim tersebut membantu evakuasi warga yang menjadi korban banjir di daerah Cililitan.

Ketua BTB Dian Aditya Mandala Putri mengatakan, banjir terjadi sejak Kamis malam dan ketika Baznas mengetahui informasi tersebut, tim langsung bergerak memberikan pelayanan kepada masyarakat yang terdampak.

“Banjir yang menggenangi daerah ini dipicu meluapnya air dari Sungai Ciliwung dan merendam sebanyak 17 RW setinggi 30 sampai 170 sentimeter,” jelas Dian sambil menambahkan timnya membantu proses evakuasi masyarakat yang menjadi korban banjir dan membawanya ke tempat yang lebih aman.

Dian menegaskan selama ini Baznas siap siaga memberikan pelayanan kepada masyarakat yang mengalami musibah. “Baznas juga mempersiapkan penyaluran bantuan lanjutan untuk warga di pengungsian,” kata Dian.

Baca Juga:  Hari Pertama Diresmikan, Gubernur ANIES Ngantor ke Balaikota Naik MRT Jakarta

Sebagaimana diketahui, hujan deras yang terjadi sepanjang malam mengakibatkan banjir di sejumlah kawasan Ibukota, terutama di wilayah Jakarta Timur dan Selatan. Warga yang selama ini sudah jarang kebanjiran kini menjadi langganan banjir.

“Jakarta makin rawan banjir karena Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terlalu lemah menghadapi oknum masyarakat yang menyerobot bantaran kali dan saluran air untuk dijadikan bangunan liar,” kritik Hasan Sadeli, tokoh warga Cililitan.

Mestinya Anies bersikap lebih keras menertibkan bantaran dan saluran air. “Sudah tiga tahun kami tidak pernah kebanjiran, tapi sekarang banjir lagi. Tentu ada yang salah dalam pengaturan sumber daya air dan fasilitas pendukung,” tambahnya. ■ RED/JOKO/G

Beri Tanggapan