Raih Sukses MotoGP di COTA, RINS Ogah Sembunyikan Gaya Balapnya

BARCELONA (POSBERITAKOTA) – Pebalap Suzuki Ecstar asal Spanyol, Alex Rins, dikenal sebagai salah satu rider dengan gaya mebalap yang halus. Gaya tersebut sukses mengeluarkan potensi terbaik dari motor GSX-RR yang dibuktikan dengan kemenangan perdana di MotoGP Amerika Serikat 2019, dua pekan lalu.

Rins sukses menjaga keausan ban di lintasan yang terkenal cukup kejam, Circuit of The America (COTA), Senin (144?) WIB. Gaya balap yang halus dinilai menjadi kunci kemenangan pria berusia 23 tahun tersebut.

Rins menuturkan, gaya membalap yang halus memang sangat diperlukan karena balapan MotoGP kini lebih soal bagaimana menjaga keausan ban. Rins mengklaim gaya membalapnya yang halus itu muncul secara natural.

“Sepertinya gaya balap itu muncul secara alami. Saya tidak melakukan manuver khusus agar bisa halus di atas motor. Sangat penting membalap dengan halus karena Anda perlu menjaga ban. Jika cukup halus dengan gas, maka akan memperpanjang usia ban belakang serta ketahanan ban depan,” tutur Rins, Minggu (28/4).

Baca Juga:  Di Piala Dunia 2018, MARADONA Ragukan Argentina Bisa Berjaya

“Pada dasarnya, dengan motor MotoGP Anda bisa membuka gas 100% saat keluar tikungan dan dengan semua perangkat elektronik hal itu sangat mungkin. Namun, jika Anda membuka gas penuh dengan sudut menikung terlalu tajam, ban akan cepat selip yang tentunya berpengaruh pada catatan waktu serta usia ban,” lanjutnya.

Saat ini, Rins duduk di peringkat tiga klasemen sementara MotoGP 2019 kategori pebalap dengan torehan poin 49. Dia terpaut enam poin dari Andrea Dovizioso yang nyaman berada di puncak, serta hanya dua angka dari Valentino Rossi di posisi dua. ■ RED/RIO/AYID

Beri Tanggapan