Dibangun Perumda Pasar Jaya, ANIES Resmikan Jakbook & TPA Negeri di Pasar Kenari

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Perumda Pasar Jaya meresmikan beroperasinya pasar tematik buku dengan nama JakBook yang berlokasi di Pasar Kenari, Senen, Jakarta Pusat. Peresmian tersebut dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan didampingi Duta Membaca Najwa Sihab yang terkenal dengan acara di televisi berjudul Mata Najwa.

Anies mengatakan pasar tematik buku yang berada di Jalan Salemba Raya ini akan melengkapi Pasar Kenari yang sudah terlebih dahulu dikenal dengan pasar teknik dan elektrikalnya.

“Keberadaan pasar buku murah ini diharapkan menambah ramainya pasar tersebut,” ujar Anies di lokasi didampingi istri Fery Farhati, Senin (29/4). Pembangunan pasar tematik buku ini merupakan realisasi setelah diberikan dana penyertaan modal daerah (PMD) tahun 2018 lalu dari Pemprov DKI Jakarta.

Anies sebelumnya juga telah mengeluarkan Pergub Nomor 76 Tahun 2018 tentang Pembudayaan Kegemaran Membaca. “Pembudayaan kegemaran membaca bertujuan untuk membangun minat, kegemaran dan kebiasaan membaca masyarakat,” tegas Anies.

Ditambahkannya bahwa kesemua itu bertujuan mendorong terciptanya masyarakat membaca, menuju masyarakat belajar dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Gerakan Literasi yang dicanangkan ini kedepannya harus lebih maksimal sehingga masyarakat Jakarta dapat lebih gemar lagi membaca.

Sedangkan Dirut Pasar Jaya Arief Nasrudin menambahkan perusahaan yang dipimpinnya menilai perlu membuatkan satu pasar yang bisa menjadi ikon semangat literasi tersebut. Apalagi saat ini warga Jakarta khususnya penerima manfaat KJP dan dana BOS belum memiliki satu tempat dimana mereka bisa mendapatkan berbagai kebutuhan alat pelajaran dengan harga yang murah.

Baca Juga:  Demi Tingkatkan Layanan Jasa Perbankan, BANK DKI & PT JAKTOUR Tandatangani MoU

“Pasar tematik buku ini tidak berdiri sebagai toko buku saja. Melainkan menjadi satu kesatuan dengan sejumlah fasilitas pendukung lainnya. Termasuk dengan pedagang buku yang dikumpulkan dari berbagai tempat sehingga bisa menjadi branding pasar buku bagi masyarakat kedepannya,” jelas Arief.

Dalam area yang sama Pasar Jaya juga menghadirkan Tempat Penitipan Anak (TPA) dengan nama TPA Negeri Bina Tunas Jaya 4. Pasar Jaya saat ini memang juga sangat fokus dalam pengembangan anak usia dini khususnya bagi anak dari pedagang dan penjaga toko.

“Dengan adanya sekolah usia dini di lokasi pasar maka orang tua mereka tidak perlu bersusah meninggalkan pasar saat mereka berdagang dan anaknya bisa bersekolah. Program ini bekerja sama dengan Dinas Pendidikan yang menyediakan tenaga pengajar,” jelas Arief.

Najwa Sihab mengapresiasi Pemprov DKI dan Perumda Pasar Jaya karena telah merealisasi toko buku murah dan tempat pendidikan bagi anak usia dini. “Keberadaan Jakbook ini tentu makin mendorong minat baca anak-anak sehingga mereka tumbuh cerdas,” ujar Najwa. ■ RED/JOKO/G

Beri Tanggapan