Peringati Hardiknas 2019, BUPATI TEGAL Sebut Pembangunan SDM Harus Terdidik-Cakap-Terampil Masuk Dunia Kerja

SLAWI (POSBERITAKOTA) – Pembangunan sumber daya manusia (SDM) haruslah didasari pendidikan karakter dan penyiapan generasi yang terdidik, terampil serta cakap di dalam memasuki dunia kerja.

Hal tersebut dikatakan Bupati Tegal, Hj Umi Azizah, saat membacakan amanat Mendikbud Muhadir Effendy dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2019, bertempat di Lapangan Pemkab Tegal, Kamis (2/5).

“Sedangkan terkait pendidikan karakter itu sendiri meliputi pembentukan insan yang berakhlak mulia, empan papan, sopan santun, tanggungjawab serta budi pekerti yang luhur,” ucapnya.

Ditambahkan Bupati Tegal bahwa peran generasi muda terlahir di era digital dan pesatnya teknologi, juga harus dibekali dengan keterampilan dan kecakapan disertai penanaman jiwa kewirausahaan yang memiliki karakter dan jati diri bangsa.

Apalagi, lanjut dia, di tengah perubahan global yang bergerak di tengah hadirnya revolusi industri 4.0 yang semakin canggih, mempengaruhi cara berpikir serta perilaku dan karakter peserta didik.

Pada bagian lain, menurut Hj Umi, pesatnya teknologi digital harus dimanfaatkan oleh para guru maupun pihak sekolah, karena generasi saat ini lebih mudah dan cepat untuk menerima teknologi. Pada gilirannya nanti dapat mempermudah para guru untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya Indonesia.

Pada peringatan Hardiknas 2019 yang mengangkat tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”, ingin dijadikan momentum mengajak seluruh tenaga pendidik untuk menitikberatkan pembangunan sumber daya manusia dilandasi karakter yang kuat, keterampilan dan kecakapan yang tinggi. Sehingga pada gilirannya mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif.

Dalam kesempatan itu, Bupati Tegal juga berharap tenaga pendidik di wilayah kabupaten Tegal di masa yang akan datang lebih mampu menciptakan generasi mumpuni, mampu membangun wilayahnya seiring perkembangan berbasis tehknologi digital. ■ RED/CAHYO NG/GOES

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here