Diikuti 250 Anak Didik SD, SUDIN PUSIP JAKPUS Gelar Gerakan #BacaJakarta

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Sudin Perpustakaan dan Kearsipan (Pusip) Jakarta Pusat gerakan #BacaJakarta yang berlangsung sejak tanggal 1 sampai 30 April lalu. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menggugah minat baca generasi muda demi mencerdaskan bangsa.

Adapun puncak acara sekaligus penutupan gerakan #BacaJakarta berlangsung di kantor Walikota Jakarta Pusat Jl Tanah Abang III, Tanah Abang, Jumat (4/5).

“Walikota Jakarta Pusat Bapak Bayu Meghantara memberikan apresiasi. Menurutnya kegiatan tersebut merupakan wadah bagi masyarakat kalangan milenial dalam menggiatkan kebiasaan membaca sejak dini,” ujar Asisten Kesra Jakpus M. Fahmi mewakili Walikota Bayu.

Sedangka tujuan dari itu semua, lanjut M Fahmi, untuk memberikan motivasi kepada anak-anak agar tumbuh kegemaran membaca, kecintaan terhadap ilmu pengetahuan dan perpustakaan.

Kasudin Pusip, Meti Lastri, menjelaskan kegiatan yang berlangsung selama satu bulan penuh diikuti oleh anak didik sekolah dasar (SD) usia 7-12 tahun yang berjumlah 250 orang. “Mereka didampingi 75 relawan yang memberikan pengarahan kepada peserta #Baca Jakarta yang ada di 21 lokasi RPTRA,” ujar Meti didampingi Kasi Perpustakaan, Tanwil.

Setiap hari anak-anak diberikan waktu membaca buku 15-30 menit. “Setelah itu mereka diminta menceritakan kembali buku yang dibacanya dlm bentuk tulisan,” papar dia lagi.

Dijelaskan Meti, ke-21 RPTRA yang ada di Jakarta Pusat ini masing-masing mengirimkan sepuluh perwakilan, relawan pendamping, serta dokumentasi mengenai pendampingannya.

Bagi anak usia 7 hingga 9 tahun diminta untuk membaca dan meresensi buku yang digemari selama 15 menit setiap harinya. Sedangkan, anak usia 10-12 tahun diwajibkan membaca dan meresensi buku yang digemarinya selama 30 menit.

“Sejumlah peserta terbaik ini nanti akan mendapatkan apresiasi serta bertemu langsung dengan Gubernur DKI Jakarta, Bapak Anies Baswedan,” papar Tanwil sambil menambahkan harapannya dari kegiatan ini dapat menjadi stimulus bagi tumbuh meratanya budaya literasi di kalangan masyarakat. ■ RED/JOKO/S

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here