30.5 C
Jakarta
24 April 2024 - 12:44
PosBeritaKota.com
Nasional

Geger Virus Cacar Monyet, KETUA DPR RI Minta Masyarakat Tetap Waspada

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Virus cacar monyet sedikitnya mulai menjadi bahan pembicaraan serius di masyarakat luas. Ada rasa khawatir karena wabah tersebut bisa berkembang di Indonesia. Penyebaran virusnya berawal dari Nigeria lantas menyebar ke Singapura. Setelah diduga bisa masuk ke Indonesia melalui Batam.

“Tak ada cara lain, kecuali kita semua harus waspada. Terutama Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes harus turun tangan. Ya untuk mengantisipasi penyebarannya di Indonesia,” ucap Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI di Jakarta, Kamis (16/5) kemarin.

Langkah awalnya, menurut pria yang mengawali sebagai wartawan dan pengusaha tersebut, pintu masuk baik bandara maupun pelabuhan harus safety. Pasang alat pengukur suhu tubuh serta karantina di setiap pintu masuk kedua fasilitas tersebut.

“Selain itu, Kemenkes harus mesosialisasikan sedini mungkin kepada masyarakat luas. Tujuannya agar wabah atau virus cacar monyet tidak menyebar,” tegas Bamsoet, begitu panggilan akrab dari politisi Partai Golkar tersebut.

Hal paling mendasar lain, tambah Ketua DPR RI, masyarakat luas diminta jangan panik. Segeralah berhubungan dengan rumah sakit atau ke dokter. Termasuk segera melapor jika ada seseorang ditemukan ada tanda-tanda tertular virus cacar monyet.

“Pola hidup bersih merupakan pencegahan paling bagus. Sebab, jika kita sehat, tak akan mudah tertular oleh penyakit atau virus apapun,” pungkasnya. ◾RED/ALDI/AYID

Related posts

Di Masjid Agung Pelabuhanratu, KAPOLRES SUKABUMI Khotbah dalam Program ‘Jumat Keliling’

Redaksi Posberitakota

Kenang Sosok Kapolri ke-5, HOEGENG IMAM SANTOSO Jadi Patron Suri Tauladan Kejujuran

Redaksi Posberitakota

Bidang Pengawasan Koperasi, KEMENKOP & UKM Tingkatkan Kemampuan Satgas

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang