Geger Virus Cacar Monyet, KETUA DPR RI Minta Masyarakat Tetap Waspada

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Virus cacar monyet sedikitnya mulai menjadi bahan pembicaraan serius di masyarakat luas. Ada rasa khawatir karena wabah tersebut bisa berkembang di Indonesia. Penyebaran virusnya berawal dari Nigeria lantas menyebar ke Singapura. Setelah diduga bisa masuk ke Indonesia melalui Batam.

“Tak ada cara lain, kecuali kita semua harus waspada. Terutama Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes harus turun tangan. Ya untuk mengantisipasi penyebarannya di Indonesia,” ucap Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI di Jakarta, Kamis (16/5) kemarin.

Langkah awalnya, menurut pria yang mengawali sebagai wartawan dan pengusaha tersebut, pintu masuk baik bandara maupun pelabuhan harus safety. Pasang alat pengukur suhu tubuh serta karantina di setiap pintu masuk kedua fasilitas tersebut.

Baca Juga:  Usul Parpol Dibiayai Negara, KETUA DPR RI Setuju Demi Pengentasan Korupsi

“Selain itu, Kemenkes harus mesosialisasikan sedini mungkin kepada masyarakat luas. Tujuannya agar wabah atau virus cacar monyet tidak menyebar,” tegas Bamsoet, begitu panggilan akrab dari politisi Partai Golkar tersebut.

Hal paling mendasar lain, tambah Ketua DPR RI, masyarakat luas diminta jangan panik. Segeralah berhubungan dengan rumah sakit atau ke dokter. Termasuk segera melapor jika ada seseorang ditemukan ada tanda-tanda tertular virus cacar monyet.

“Pola hidup bersih merupakan pencegahan paling bagus. Sebab, jika kita sehat, tak akan mudah tertular oleh penyakit atau virus apapun,” pungkasnya. ◾RED/ALDI/AYID

Beri Tanggapan