27.9 C
Jakarta
26 April 2024 - 11:47
PosBeritaKota.com
Nasional

Hadiri KTT U20 di Tokyo,GUBERNUR ANIES Jadi Pembicara Tentang Perubahan Iklim

TOKYO (POSBERITAKOTA) – Pertemuan Tahunan Tingkat Tinggi Gubernur dan Walikota Urban-20 (U20) berlangsung di Tokyo. Pada kesempatan itu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hadir sebagai pembicara dan sekaligus menghadiri perayaan 20 tahun Sister City antara Jakarta dan Tokyo di Tokyo, Jepang.

Anies mengatakan, pertemuan U20 ini sangat penting. Sebab ini adalah platform diskusi dari kota-kota peserta G20. “Pemimpin dari kota-kota global hadir. Jakarta juga berpartisipasi untuk terus menunjukkan, kita siap menjadi salah satu kota global di kawasan Asia,” ujarnya, Selasa (21/4).

Rangkaian acara U20 yang berlangsung di Tokyo dimulai Senin 20 Mei 2019. Gubernur Anies terjadwal menjadi pembicara dalam 3 acara yang berbeda pada 20 Mei dan menjadi panelis dalam sesi pertama tentang Climate Action pada 21 Mei 2019. Setelah selesai berbicara Anies dijadwalkan akan langsung kembali ke Jakarta.

Dalam sesi tersebut, Anies akan memaparkan rencana aksi Kota Jakarta dalam menurunkan emisi gas rumah kaca dengan melibatkan partisipasi masyarakat seperti Program Kampung Iklim, Bank Sampah, Pertanian Kota, dan Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga.

Dalam rangkaian pertemuan ini, Anies juga melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Lingkungan Hidup, Wakil Menteri Pertanahan, Infrastruktur, Perhubungan dan Pariwisata, Wakil Presiden JICA, Sekretaris Jenderal UCLG World, C40 Ambassador, dan perwakilan IFC.

Salah satu agenda penting dalam kunjungan ini adalah penuntasan pembicaraan tentang pembangunan MRT di fase kedua. “U20 merupakan platform diskusi di antara para pemimpin kota untuk menyuarakan pesan kolektif dan solusi inklusif kepada para pemimpin G20 tentang peran signifikan kota dalam pembangunan berkelanjutan,” paparnya.

Dalam pertemuan bergengsi ini, para pemimpin kota secara simbolis akan menyerahkan Communique kepada Perdana Menteri Shinzo Abe selaku Ketua (Chair) dan tuan rumah penyelenggaraan G20 Tahun 2019. Selain menghadiri U20 Mayors Summit, kunjungan Gubernur ke Tokyo juga untuk merayakan Hubungan Persahabatan Kota Ke-20 antara Tokyo dan Jakarta yang telah terjalin sejak tahun 1989. ■ RED/JOKO/S

Related posts

Setelah Cuti Lebaran, PEGAWAI KEMENKOP & UKM 90,1 Persen Hadir Kerja di Hari Pertama

Redaksi Posberitakota

Petani Bawang Merah Brebes Punya Hitung-hitungan demi Raih Hasil Panen Unggulan

Redaksi Posberitakota

PENGEMBANG PERUMAHAN VGH GERBANG TIMUR BEKASI TAK PEDULI LAMPU PADAM

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang