Terjadi Malam Ini, PUNCAK ARUS BALIK LEBARAN Tak Bisa Dibendung

JAKARTA (POSBERITAKOTA) –Memasuki H+5 hari ini Minggu (9/6), arus balik Lebaran bakal mencapai puncaknya. Sebab, kantor pemerintahan, instansi swasta serta pusat-pusat bisnis di Ibukota, bakal kembali melaksanakan aktifitasnya seperti sedia kala. Termasuk para pelajar yang akan kembali ke sekolah.

Dari hasil pantauan Tim POSBERITAKOTA di lapangan, jalur tol mulai dari arah Jawa Timur dan Jawa Tengah ke Ibukota sangat padat. Bahkan tengah diberlakukan one way (satu arah). Begitu pula arus balik yang datang dari arah Jawa Barat. Tol Cipali, Cipularang dan Jagorawi, penuh sesak dan merayap dipadati kendaraan roda empat.

Tol Cipali (Cikampek-Palimanan), tergolong paling padat. Hal yang sama terjadi pada jalur Tol Cipularang (Cikampek-Purwakarta-Padalarang). Kendaraan nampak merayap. Padahal aparat memberlakukan sistem satu arah untuk ke semua arah Jakarta.

Baca Juga:  Bersama Keluarga di Bandung, RYANA DEWI Bilang Lebaran Jauh Lebih Afdol

Pada puncak Arus Balik Lebaran malam ini, diperkirakan lebih dari satu juta kendaraan yang melintas sejumlah ruas jalan tol. Sedang untuk jalan raya non tol, setidaknya mencapai 200 ribu kendaraan. Bus antar kota pun tak ketinggalan berseliweran di antara kendaraan pemudik yang balik ke Jakarta.

Dari dari data yang diperoleh, diperkirakan tidak kurang dari 10 juta jiwa Mudik Lebaran pada H-7 sampai H-1 kemarin dari wilayah Jabodetabek. Sedangkan untuk Arus Balik Mudik Lebaran, minimal bakal membawa ribuan pendatang ke Ibukota.

Beruntung, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, sudah tak memberlakukan lagi operasi yustisi kependudukan (OYK). Sikap itu dipuji sebagai langkah maju, karena setiap warga negara dari daerah manapun, memilili hak sama untuk datang, tinggal serta mencari penghidupan di Jakarta. RED/TIM PBK/AYID/GOES

Beri Tanggapan