Dibiayai Secara Swadaya, RUMAH MBAH KALIMAH Direnovasi Warga Buamiayu Brebes

BREBES (POSBERITAKOTA) – Raut wajah dan senyum bahagia terpancar dari sosok Kalimah (65), warga Dukuh Purbanalan RT 02/RW 04 Desa Jatisawit, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Pasalnya, nenek tua renta itu kini terkabul untuk memiliki rumah layak huni.

Berkat partisipasi warga setempat melalui dana swadaya, akhirnya kediaman perempuan yang akrab dipanggil Mbah Kalimah tersebut, langsung renovasi (perbaikan) secara menyeluruh. Proses pengerjaannya pun dilakukan secara gotong royong semua elemen masyarakat setempat, Kamis (20/6).

Dikatakan Azwar S Sos yang merupakan perwakilan dari Kecamatan Bumiayu, langkah ‘bedah rumah’ atau renovasi tersebut, sebagai bentuk kepedulian dengan sesama. Itu semua atas kemauan dan dorongan dari warga yang kemudian mengumpulkan dana bantuan.

“Mbah Kalimah saat ini hidup dan hanya tinggal seorang diri. Rumahnya tak layak huni, karena sudah termakan usia. Sedangkan untuk kehidupan sehari-hari, bergantung pada anaknya yang tinggal di depan rumahnya,” papar Azhar.

Baca Juga:  Ahok Masih Favorit Dipilih Warga jadi Gubernur DKI Jakarta 

Hal senada juga dikatakan Kepala Desa Jatisawit, Sukarto S Pd. Menurutnya sebagian dana merupakan hasil swadaya masyarakat. Untuk bedah rumah yang dilaksanakan, melibatkan anggota TNI, Polri dan Pemerintahan setempat. Baik itu desa maupun elemen masyarakat lainnya.

Kehadiran Azwar sebagai perwakilan kecamatan, didampingi Bati Tuud Koramil 08 Bumiayu Kodim 0713 Brebes Serma Bambang dan dr Yunan Arif Budi Santoso MM dari Puskesmas. Dalam kesempatan itu juga diserahkan bantuan kepada Mbah Kalimah yang disaksikan perangkat desa, keluarga serta masyarakat. ■ RED/CAHYO NG/GOES

Beri Tanggapan