31.8 C
Jakarta
23 April 2024 - 17:02
PosBeritaKota.com
Megapolitan

HUT ke-492 Kota Jakarta, ANIES Beri Kado Gratiskan Warga Naik Transjakarta Seluruh Koridor

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Dalam rangka merayakan HUT ke-492 Kota Jakarta, maka pada hari Sabtu, tanggal 22 Juni 2019, seluruh layanan bus Transjakarta diberlakukan gratis. Kebijakan tersebut berlaku di seluruh koridor busway berikut transportasi pendukungnya mulai pukul 05.00 WIB hingga 24.00 WIB.

Sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Dinas Perhubungan DKI Jakarta tentang Penugasan untuk Penyediaan Layanan Transjakarta Gratis Dalam Rangka Kegiatan Hari Ulang Tahun Jakarta ke 492. Layanan Gratis Transjakarta yang diberlakukan sepanjang hari ini adalah merupakan hadiah dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bagi warga.

Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono mengajak seluruh masyarakat untuk menggunakan layanan transportasi publik, Transjakarta, untuk mengikuti seluruh rangkaian acara dalam rangka HUT ke-492 Kota Jakarta.

“Dengan 201 rute dan 2.500 unit kendaraan yang dimiliki Transjakarta maka seluruh wilayah sudah dijangkau, kini menggunakan transportasi publik lebih aman, nyaman, dan mudah,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (22/6).

Agung menjelaskan tepat pada HUT ke-492 Kota Jakarta, Transjakarta sudah melayani 72% total populasi di DKI Jakarta dengan luas 429,96 km. Angka ini meningkat dibandingkan tahun 2018 di 67% dengan luas 438, 8 km dan 2017 pada 62% sepanjang 394,6 km. “Per 1 Mei, 7 dari 10 penduduk DKI Jakarta telah memiliki akses ke Transjakarta,” tegas Agung.

Agung mengatakan pencapaian ini didukung dengan agresifnya pembukaan rute Transjakarta untuk menjangkau masyarakat di setiap wilayah. Per Mei 2019 sudah dilayani 210 rute, naik dibandingkan realisasi tahun sebelumnya 160, diikuti dengan penambahan bus yang beroperasi.

Selain itu, perluasan jangkauan layanan ke perumahan dan rusun dengan program JakLingko sebanyak 24 rute. “Kemudian penambahan rute integrasi antarmoda transportasi seperti MRT, LRT dan KRL,” ungkap Agung. Agung menambahkan rute BRT Transjakarta juga ditambah yang turut berkontribusi dalam meningkatkan jangkauan Transjakarta kepada publik.

Seluruh pengembangan tersebut yang dilakukan Transjakarta berkontribusi pada turunnya angka kemacetan di DKI Jakarta sesuai survei TomTom Index. Data dari penelitian menyebutkan tingkat kemacetan di Jakarta menurun 8% pada 2018 dibandingkan 2017. ■ RED/JOKO/S

Related posts

Dari Galeri Kaligrafi Lengkong Kyai, AKP SEALA SYAH ALAM Jaga Kamtibmas & Tingkatkan UMKM

Redaksi Posberitakota

Di Lapangan Ditkrimsus, KAPOLDA METRO JAYA Pimpin Upacara Laporan Kenaikan Pangkat

Redaksi Posberitakota

DIGELAR MULAI 15 NOPEMBER KEMARIN, SEBANYAK 489 KENDARAAN KENA SANKSI TILANG DI HARI PERTAMA ‘OPERASI ZEBRA JAYA 2021’

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang