Bikin MoU di Balaikota, PEMPROV DKI & UNIVERSITAS PARAMADINA Jalin Kerjasama Bidang Pendidikan

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama rektor Universitas Paramadina, Profesor Firmanzah, menandatangani kesepakatan bersama dalam bidang pendidikan. Penandatanganan memorandum of understanding (MoU) berupa penerapan tri dharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Selama beberapa waktu ini, kami telah dibantu oleh Universitas Paramadina, dari mulai kegiatan-kegiatan pelibatan masyarakat seperti mural, juga kemarin tim peneliti dari Universitas Paramadina melakukan kajian atas sistem yang kita miliki. Mudah-mudahan nantinya ini bisa menjadi bahan untuk kita memperbaiki sistem pemerintahan,” ujar Anies melakukan MoU di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (25/6).

Anies menekankan, permasalahan sosial dan urban di Jakarta sangat kompleks, sehingga membutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak termasuk institusi pendidikan tinggi seperti Universitas Paramadina.

Apalagi, Universitas Paramadina selama ini telah berkontribusi besar dalam pengembangan ilmu sosial dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di Jakarta.

“Saya berharap nanti sesudah MoU ini, akan bisa banyak lagi kegiatan yang dilakukan bersama,” harap Anies yang pernah menjadi rektor Universitas Paramadina sebelum jadi Menteri Pendidikan.

Anies juga sampaikan terima kasih kepada Paramadina yang sudah ikut mendidik warga Jakarta, termasuk melalui program Paramadina Social Responsibility. “Karena ini memang salah satu masalah terbesar yang kita hadapi di Jakarta, mengenai anak-anak kita yang tidak bisa menyelesaikan pendidikan hingga tuntas,” sambungnya.

Anies mengapresiasi kerja sama bidang pendidikan dan pelatihan yang telah berjalan dari Universitas Paramadina untuk petugas maupun pegawai PT Transjakarta melalui program Capacity Building (peningkatan kapasitas).

“Sebetulnya, ini juga kesempatan bagi kampus untuk menyediakan jenis-jenis pelatihan bersertifikat yang bisa membekali warga yang berada di dunia kerja untuk mengambil program sertifikasi, bukan sekadar program degree. Program degree itu program berijazah, tapi lebih ke arah bersertifikat. Ini yang sangat membantu sekali,” jelasnya. .

Selain melalui pembuatan mural dalam menghiasi kota Jakarta dan pelatihan pendidikan bagi karyawan PT Transjakarta, Universitas Paramadina telah melakukan program pengajaran bagi anak-anak di Kepulauan Seribu. Program kajian dan penelitian yang dilakukan oleh Universitas Paramadina diharapkan dapat meningkatkan sistem pemerintahan di Pemprov DKI Jakarta.

Adapun ruang lingkup kesepakatan bersama antara Pemprov DKI Jakarta dengan Universitas Paramadina meliputi pelaksanaan pengajaran dan pembelajaran, penelitian, pelatihan, dan konsultasi. Selain itu juga pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Sementara itu untuk jangka waktu kerjasama berlaku selama satu tahun dan terhitung sejak penandatanganan Kesepakatan Bersama antara kedua belah pihak. ■ RED/JOKO/S

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here