Antipasi Maraknya Produk Abal-abal, PEMPROV DKI Jalin MoU dengan 13 Lembaga Sertifikasi

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Dalam upaya melindungi masyarakat konsumen tertipu dengan produk abal-abal, Pemprov DKI Jakarta menjalin kerjasama dengan 13 Lembaga Sertifikasi Produk (LSPro) untuk pelayanan pengujian produk di Ibukota.
Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan Sekda DKI M. Saefullah dengan 13 pemimpin lembaga tersebut.

Pada kesempatan itu, Saefullah mengatakan kalau pihaknya telah memiliki laboratorium dan pelayanan pengujian produk di bawah naungan Dinas Perindustrian dan Energi (PE) DKI Jakarta yang telah mendapat akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN).

“Ini untuk melindungi masyarakat dari penipuan produk abal-abal yang tidak berkualitas. Jangan sampai masyarakat kecewa karena sudah beli barang ternyata yang dibelinya tidak berkualitas. Semua produk harus lolos sertifikasi,” ujarnya di Balaikota DKI, Senin (1/7) kemarin.

Kepala Balai Sertifikasi Industri (BSI) Kementerian Perindustrian RI, Anto Girsang, menambahkan bahwa kerjasama ini bertujuan untuk memajukan produk-produk di Ibukota agar sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). “Mudah-mudahan dari MoU ini upaya kita bisa lebih lancar lagi dan sesuai keinginan kita untuk memajukan SNI di Jakarta,” tandasnya.

Sedangkan untuk LSPro yang bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta yakni Lembaga Sertifikasi Produk Balai Sertifkasi Industri (BSI) dari Kementerian Perindustrian RI, Lembaga Sertifikasi Produk Balai Sertifikasi, Kementerian Perdagangan RI, Lembaga Sertifikasi Produk Baristand Industri Surabaya, Kementerian Perindustrian RI, Lembaga Sertifikasi Produk Baristand Industri Medan, Kementerian Perindustrian RI, Lembaga Sertifikasi Produk Chempack (Balai Besar Kimia dan Kemasan), Kementerian Perindustrian RI, Lembaga Sertifikasi Produk Balai Teknologi Polimer (BPPT), Lembaga SertifIkasi Produk SUCOFINDO dan Lembaga Sertifikasi Produk PT TUV Rheiland Indonesia.

Selain itu ada juga Lembaga Sertifikasi Produk PT Integrita Global Sertifikasi, Lembaga Sertifikasi Produk Ceprindo, Lembaga Sertifikasi Produk PT Tiga Mitra Selaras, Lembaga Sertifikasi Produk Balai Besar Keramik, Kementerian Perindustrian RI dan Lembaga Sertifikasi PT Lukita Jaya Mandiri. ■ RED/JOKO/GOES

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here