PosBeritaKota.com
Nasional

Di Denpasar, MENKOP & UKM Apresiasi Aplikasi e-Checking Layanan Anggota Koperasi

DENPASAR (POSBERITAKOTA) – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop dan UKM) AAGN Puspayoga mengapresiasi langkah Walikota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra melaunching penerapan aplikasi e-checking bagi pelayanan anggota koperasi di Kota Denpasar. Dengan aplikasi e-checking ini, ketika anggota koperasi mengajukan pinjaman, maka pengurus koperasi bisa langsung online mengecek track record si calon debitur selama ini.

“Salah satu tujuan dari Reformasi Total Koperasi adalah menciptakan koperasi yang berkualitas. Jumlah koperasi tidak perlu banyak, sedikit saja tapi berkualitas. Jumlah anggota koperasi yang harus terus kita perbanyak”, kata Puspayoga, usai menghadiri acara launching aplikasi e-checking layanan anggota koperasi, di sela-sela acara puncak peringatan Hari Koperasi ke-72 se-Provinsi Bali di Kota Denpasar, Sabtu (27/7).

Acara yang dihadiri Walikota dan Bupati se-Bali, Menkop menegaskan dengan menerapkan teknologi, koperasi bisa melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) secara online. “Bisa menghemat waktu dan biaya. Bayangkan saja, banyak koperasi yang memiliki anggota ratusan ribu orang. Itu bisa dilakukan secara efisien baik waktu dan biaya dengan RAT Online”, ujar Puspayoga.

Hanya saja, Menkop juga mengingatkan agar koperasi tak hanya fokus menerapkan teknologi saja. Karena, tanpa SDM yang handal, koperasi berkualitas akan sulit diwujudkan. “Kualitas SDM pelaku koperasi juga menjadi sesuatu yang penting, di samping penerapan teknologi dalam sistem kerja koperasi,” imbuh Puspayoga.

Mantan Wagub Bali ini berharap, ke depan program Reformasi Total Koperasi bisa dilanjutkan, karena sudah terbukti hasilnya. Diantaranya, mampu meningkatkan kontribusi koperasi terhadap PDB nasional, dari 1,7% menjadi 5,1% pada 2018. “Meski sudah ada sekitar 50 ribu koperasi yang kita bubarkan, namun semangat Reformasi Total Koperasi bukan membubarkan, melainkan menguatkan database koperasi berkualitas”, tegas Menkop lagi.

Sementara itu Walikota Denpasar Rai Mantra memastikan bahwa penerapan aplikasi e-checking akan memudahkan sistem kerja koperasi dalam melayani anggotanya, khususnya di Kota Denpasar.

“Penerapan teknologi bagi koperasi saat ini bukanlah sebuah pilihan, melainkan sudah menjadi keharusan. Itu tantangan bagi koperasi yang semakin sulit di zaman yang serba digital, serba cepat dan serba instan”, pungkas Rai Mantra. ■ RED/RIZAL BK/GOES

Related posts

Ketum HMS Center, HARDJUNO WIWOHO Bilang Kebijakan Larangan Mudik dari Pemerintah Tak Bakal Berjalan Efektif

Redaksi Posberitakota

PEDULI TERHADAP PARA PAHLAWAN, BIARAWATI SR M ALEXA YONSION BSMC CIPTAKAN LAGU TRAGEDI KAPAL SELAM KRI NANGGALA-402 DI LAUT BALI

Redaksi Posberitakota

Ogah Dikriminalisasi, RATUSAN WARTAWAN Geruduk Gedung DPRD Sukabumi

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang