27.3 C
Jakarta
20 April 2024 - 09:33
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Kaum Ibu Lebih Tahu Kondisi Keluarga, PEMPROV DKI Gandeng Penggerak PKK

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Gubernur DKI Jakarta Anies menekankan Pemprov DKI siap bermitra dengan kader dan penggerak PKK yang mayoritas merupakan ibu-ibu. Ia berharap kolaborasi tersebut dapat menghasilkan kebijakan program kerja yang tepat sasaran dan tepat guna bagi masyarakat.

“Ada Instruksi Gubernur Nomor 2 Tahun 2019. Ibu semuanya yang berkumpul di sini. Kami ingin bermitra. Orang yang paling tahu kondisi tentang keluarga itu adalah kaum ibu. Karena itu kita sekarang mau bersama-sama. Kami akan integrasikan semua program kita yang menjangkau keluarga, yang menjangkau masyarakat lewatnya jalur ibu-ibu penggerak kader PKK,” ujar Anies dalam acara Temu Kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) DKI Jakarta 2019 di Gedung Jakarta International Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (30/7).

Menurut Anies, ini artinya pemerintah mempercayakan lewat ibu-ibu untuk bisa memastikan bahwa kondisi keluarga-keluarga dan kondisi masyarakat Jakarta dari mulai aspek yang paling dasar, misalnya kesehatan sampai kebutuhan-kebutuhan lain terpenuhi dengan baik.

Anies turut mengapresiasi kinerja kader penggerak PKK yang telah mendata kondisi keluarga dan rumah di beberapa titik wilayah Jakarta. “Saya terkejut dengan data-data yang sebelumnya tidak terungkap kini bisa terlihat karena telah dilakukan pendataan dengan baik oleh kader PKK, seperti jumlah anggota keluarga dan ketersediaan MCK di suatu rumah,” kata Anies.

Gubernur berharap data yang didapatkan oleh kader penggerak PKK ini bisa menjadi rujukan utama dalam penyusunan kebijakan berbasis satu pintu, sehingga setiap dinas di Pemprov DKI Jakarta tidak perlu berulang kali mendatangi setiap keluarga untuk mendapatkan informasi.

Selain itu, Anies menegaskan penyelesaian masalah di Jakarta harus bisa dimulai dari unit terkecil yang kadang tidak muncul di permukaan yaitu keluarga.

Dalam kesempatan tersebut, Anies juga menyerahkan Piala maupun Piagam Penghargaan Pengelola Pelaksana PKK Terbaik I, II, dan III Tingkat Provinsi DKI Jakarta, serta Penerima Penghargaan Kinerja PKK Tingkat Utama, Madya dan Pratama kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kota dan Kabupaten di DKI Jakarta.

Piala dan Piagam Penghargaan merupakan salah satu bentuk apresiasi kepada para kader penggerak PKK yang telah menjadi teladan dalam melayani masyarakat. Gubernur Anies menyampaikan terima kasih kepada para kader dan para penggerak PKK yang sudah bekerja luar biasa selama ini.

“Tadi, kita menyaksikan mereka yang mendapatkan piala. Piala menjadi tanda. Sesungguhnya kerja mereka luar biasa sehingga sampai mendapatkan piala itu. Saya berharap pada semua yang mendapatkan piala. Pasang piala itu. Tunjukkan kepada masyarakat. Izinkan masyarakat di tempat bapak ibu berada merasa bangga. Dan yang hari ini belum mendapatkan piala. Targetkan bahwa pada temu berikutnya, piala akan diterima oleh bapak ibu sekalian,” tandas Anies. ■ RED/JOKO/S

Related posts

Alokasikan Dana Rp 467 M, PEMPROV DKI Jakarta Siap Bangun 4 FO & 1 Underpass

Redaksi Posberitakota

Ketua Baru KOPAJA, ASHARI Diharapkan Bisa Membawa Angin Segar

Redaksi Posberitakota

Berkantor di Pulau Seribu, WAGUB SANDI Janji Layani Pasokan Listrik 24 Jam Nonstop

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang