Keduanya Siswa SMAN 30, EDWARD & OLIVYA Dinobatkan Sebagai Pasangan Abnonku Jakpus 2019

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Dua siswa-siswi SMAN 30 yakni Edward David Andika dan Olivya Regita dinobatkan sebagai pasangan Abang dan None Buku (Abnonku) Jakarta Pusat 2019 pada puncak acara pemilihan yang berlangsung di gedung Perpustakaan Nasional. Keduanya akan diikutsertakan pada pemilihan serupa di tingkat Propinsi DKI Jakarta.

Pemilihan Abnonku tingkat Jakpus diselenggarakan oleh Sudin Perpustakaan dan Kearsipan (Pusif). Ajang pemilihan Abnonku tahun ini diikuti lebih dari 200 peserta yang terdiri dari siswa SMA/SMK dan perguruan tinggi.

“Rangkaian kegiatan seleksi, technical meeting, audisi, karantina hingga grand final sudah dimulai sejak tanggal 29 Juni dan puncak acara berlangsung pada Selasa tanggal 13 Agustus,” ujar Kasi Perpustakaan Sudin Pusif Jakpus, Tanwil, Kamis (15/8).

Adapun pada acara final pemilihan Abnonku dibuka oleh Walikota Jakpus Bayu Meghantara. “Siapapun yang terpilih menjadi Abang dan None Buku harus bisa menjadi duta baca bagi generasi muda. Para peserta final ini, dalam kehidupan sehari-harinya juga harus bisa menjadi contoh bagi remaja di lingkungan masing-masing,” ujar Bayu.

Sebelumnya dia mengingatkan para juri agar bertindak obyektif sehingga mampu memilih pasangan Abnonku yang tepat karena mereka akan mewakili Jakarta Pusat untuk maju lomba di tingkat propinsi. “Semoga perwakilan kita nanti bisa menggondol juara umum,” harapnya.

Baca Juga:  Bisa Tertib & Aman, H BECENG Beri Apresiasi ke Peserta dan Panitia 'Reuni 212' di Monas

Adapun pemilihan Abang None Buku tersebut dinilai oleh sejumlah juri yaitu Prof Emilia dari Universitas Pendidikan Indonesia, Wien Muldian (Universitas Indonesia), Junwinanto (Blogger), Yahya Andi Saputra (Universitas Indonesia), dan Ni Putu Putri Putri Puspitaningrum (Universitas Indonesia). Mereka memutuskan David dan Olivya yang mana keduanya berasal dari SMAN 30 sebagai pasangan juara pertama.

Total hadiah untuk peserta adalah sebesar Rp 16.072.960. Juara Pertama Abang None Buku mendapatkan hadiah berupa uang tunai dalam bentuk tabungan pendidikan sebesar Rp 2.592.250, trofi dan sertifikat.

Juara Kedua Abang None Buku mendapatkan hadiah berupa uang tunai dalam bentuk tabungan pendidikan sebesar Rp. 2.073.800, trofi, dan sertifikat. Juara Ketiga Abang None Buku mendapatkan hadiah berupa uang tunai dalam bentuk tabungan pendidikan sebesar Rp. 1.555.350, trofi, dan sertifikat.

Juara Harapan I Abang None Buku akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai dalam bentuk tabungan pendidikan sebesar Rp. 1.036.900, trofi, dan sertifikat. Juara Harapan II Abang None Buku akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai dalam bentuk tabungan pendidikan sebesar Rp. 777.680, trofi, dan sertifikat.

Seluruh pemenang terpilih akan melaju pada Grand Final Abang dan None Buku tingkat Provinsi DKI Jakarta yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta. ■ RED/JOKO S/G

Beri Tanggapan