32.4 C
Jakarta
18 April 2024 - 18:06
PosBeritaKota.com
Nasional

Beri Penghargaan di Gedung Kemenag, BAZNAS AWARD Demi Tingkatkan Pengelolaan Zakat

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kembali menggelar anugerah perzakatan. Kegiatan bertajuk BAZNAS Award 2019 ini, memberikan penghargaan kepada Lembaga Amil Zakat (LAZ) tingkat provinsi dan kabupaten/kota, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) BUMN, swasta dan sejumlah kepala daerah, tokoh dan media pendukung kebangkitan zakat.

“Tahun ini BAZNAS kembali menganugerahi penghargaan kepada BAZNAS dan LAZ terbaik, para tokoh, kepala daerah, dan media, yang konsisten dalam mendukung program-program kebangkitan zakat. Ini kami rangkai dalam BAZNAS Award agar semakin mendorong prestasi zakat nasional sehingga dapat memacu kebangkitan zakat di negeri ini,” ujar Ketua BAZNAS Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA, CA di lokasi acara di Auditorium HM Rasjidi, Gedung Kemenag Jl. MH Thamrin, Jakarta, Senin (26/8).

Dalam acara ini hadir Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, Dirjen Bimas Islam Kemenag yang juga anggota BAZNAS, Prof. Dr. Muhammadiyah Amin; Wakil Ketua BAZNAS, Dr. Zainulbahar Noor, SE, M.Ec, para anggota BAZNAS, Dirut BAZNAS M. Arifin Purwakananta, Sekretaris BAZNAS yang juga Ketua Panitia BAZNAS Award 2019 Drs. H. Jaja Jaelani, MM, Sekretaris Ditjen Bimas Islam, Tarmizi Tohor, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag M. Fuad Nasar, para direksi, manajemen dan amil-amilat BAZNAS.

“Harapan kami, BAZNAS Award ini mampu memberi dampak positif untuk terus menginspirasi dan mendukung kemajuan dunai perzakatan,” kata Bambang dalam kegiatan yang mengangkat tema ‘Zakat Tumbuh Bermanfaat’.

Tujuan BAZNAS Award ini, tutur Bambang, mendorong optimalisasi dan profesionalitas pengelolaan zakat nasional, mendorong kreativitas dan inovasi kerja dalam mewujudkan kebangkitan zakat nasional, mempererat tali silaturrahim antara BAZNAS dan LAZ, meningkatkan motivasi dan kinerja amil dan organisasi pengelola zakat dalam pengentasan kemiskinan.

“Target kami adalah terlaksananya kegiatan berupa pemberian penghargaan BAZNAS Award kepada sejumlah tokoh dan lembaga/instansi serta media dalam rangka peringatan HUT RI ke-74,” ucap Bambang pada acara yang dihadiri ratusan undangan dari berbagai daerah.

Ketua Panitia BAZNAS Award 2019 Jaja Jaelani menambahkan, semua pemenang diumumkan pada malam anugerah perzakatan. Menurut dia, ada beberapa kategori penilaian. Yakni, Pertumbuhan Penghimpunan ZIS Terbaik, Kreativitas Penghimpunan ZIS Terbaik, Pendistribusian dan Pendayagunaan ZIS Terbaik, Program Pemberdayaan Ekonomi Terbaik, Laporan Tahunan Terbaik, dan BAZNAS dan LAZ Terbaik. Ini berlaku untuk BAZNAS dan LAZ pusat atau nasional dan daerah (provinsi dan kabupaten/kota).

Menurutnya, ada juga penghargaan untuk Kepala Daerah Terbaik, UPZ Terbaik, Media Pendukung Kebangkitan Zakat, Tokoh Pendukung Kebangkitan Zakat. Ada 15 dewan juri, yang menilai dengan berbasis Index Zakat Nasional (IZN) terbitan Puskas BAZNAS sebagai standar.

“BAZNAS Award sudah dilakukan tiap sejak 2017. Award yang digelar untuk tahun ketiga ini, diikuti 390 Organisasi Pengelolaa Zakat (OPZ) di antaranya 31 BAZNAS provinsi, 332 BAZNAS kabupaten/kota dan 15 LAZ nasional, 8 LAZ provinsi dan 4 LAZ kabupaten/kota. Mereka memperebutkan 34 kategori award,” ucap dia. ■ RED/JOKO S/G

Related posts

BIKIN SURAT TERBUKA KE PEMERINTAH & MASYARAKAT, LQ INDONESIA LAWFIRM PERTANYAKAN MOTTO PRESISI BERKEADILAN KAPOLRI BELUM DIJALANKAN

Redaksi Posberitakota

Dibuka Menteri Bappenas, BAZNAS Luncurkan Buku Tentang Fiqih Zakat

Redaksi Posberitakota

Beri Ucapan Selamat, LILY MOZA Berharap Hj Ade Yasin Amanah Memimpin Kabupaten Bogor

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang