Kerjasama dengan PT Transjakarta, 36 BUS KOANTAS BIMA Siap Beroperasi Melayani Penumpang

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Dalam upaya memperbanyak jaringan trayek transportasi publik, PT Transjakarta telah merekrut Koperasi Koantas Bima. Dalam kerja sama tersebut, sedikitnya ada 36 unit bus kota baru yang terintegrasi dengan koridor busway, siap melayani masyarakat penumpang.

BUMD bidang transportasi tersebut telah mencapai kesepakatan kerja sama pengadaan layanan transportasi dengan Koperasi Koantas Bima pada Kamis, tanggal 5 September 2019.

Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT Transjakarta, Achmad Izzul Waro, mengatakan bahwa pihaknya telah menerbitkan Purchase Order (PO) untuk 36 unit bus Koantas Bima sebagai vendor Transjakarta.

Diharapkan, awal tahun depan armada bus Koantas Bima dapat segera beroperasi.
Jumlahnya ada 36 unit PO diterbitkan, sebagaimana telah diatur kuotanya oleh Dishub DKI Jakarta,” tuturnya di Balaikota, Kamis (5/9).

Baca Juga:  Sambut Ramadhan & Lebaran, PEMPROV DKI-BI Gelar Tempat Penukaran Uang di IRTI Monas

Dengan skema pembelian layanan ini, jelas Izzul, armada bus Koantas Bima akan beroperasi tanpa harus kejar setoran dan mencari pelanggan berbayar. “Sopir tidak perlu kejar-kejaran berebut mencari penumpang. Nanti, kami yang akan membayar berdasarkan per kilometer yang ditempuh setiap hari. Untuk satu kilometer kami bayar sekitar Rp 13 ribu lebih,” bebernya.

Izzul juga menambahkan agar nantinya armada bus Koantas Bima akan beroperasi tersebar atau tergantung pengendali operasional yang ada di kantor pusat. Hingga saat ini belum diputuskan akan diplot di mana saja.

“Bisa saja di seluruh koridor disebar, bisa saja hanya pada satu wilayah, tergantung rencana operasinya nanti. Tapi yang jelas bus tersebut akan mulai beroperasi awal tahun depan,” tutupnya. ■ RED/JOKO S/G

Beri Tanggapan