Sudah Mulai Digali, WADUK DAAN MOGOT Dibangun di Kawasan Rusun Pesakih Cengkareng

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Pemprov DKI Jakarta saat ini tengah membangun waduk di kawasan Rusun Pesakih, Cengkareng, Jakarta Barat. Waduk tersebut dinamakan Waduk Daan Mogot yang bakal tandon air di permukiman tersebut dan dilengkapi fasilitas pengolahan air bersih.

Waduk Daan Mogot dibangun di atas lahan seluas 2 hektar yang terletak bersebelahan dengan Rusun Pesakih. Keberadaan waduk tersebut bakal sangat bermanfaat bagi warga saat menghadapi musim kemarau maupun penghujan.

Kepala Bidang Air Baku, Air Bersih dan Air Limbah Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Nelson Simanjuntak, mengatakan pihaknya membangun Waduk Daan Mogot yang salah satunya akan difungsikan sebagai sumber air baku untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga Rusun Pesakih.

“Pembangunan waduk dengan luas keseluruhan sekitar dua hektar ini telah mencapai 20 persen,” ujarnya Sabtu (5/10).

Adapun dari luas keseluruhan yang dimanfaatkan sebagai tampungan air hanya 5.000 meter persegi. Sementara, sisanya akan dijadikan sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan fasilitas lainnya.

Baca Juga:  Mensikapi dengan Tenang, PENGACARA FERRY JUAN Kaget Kehilangan Akunnya di Facebook

“Saat ini progresnya sudah masuk proses penggalian,” ujarnya. Nelson menjelaskan, pihaknya juga akan membangun ruangan khusus pengolahan air bersih di waduk tersebut. Sedangkan, untuk instalasi pengolahan air bersih akan dibangun oleh PAM Jaya.

Oleh karenanya, Dinas SDA juga menyiapkan ruangan pengolahan air bersih, yang nanti PDAM akan membangun instalasi pengolahannya dan Dinas SDA menyiapkan sarana air bakunya.

Ia menambahkan, Waduk Daan Mogot selain menjadi tandon air hujan, juga menampung air hasil olahan limbah dari IPAL masing-masing rusun. Air buangan akan dialirkan ke waduk untuk diolah kembali menjadi air bersih lalu didistribusikan ke unit-unit rusun. “Pembangunan waduk dengan anggaran sekitar Rp 12 miliar diprediksi selesai Desember mendatang. Manfaatnya sangat besar bagi masyarakat luas,” pungkasnya. ■ RED/JOKO S/G

Beri Tanggapan