Memaknai Bulan Ramadhan, H NURUL QOMAR Sebut Umat Islam Sedang Dapat Ujian Berat

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Ujian berat tengah dihadapi umat Islam di Tanah Air. Kenapa? Bertepatan dengan datangnya bulan suci Ramadhan 1441 H, wabah virus Corona (Covid-19), benar-benar menguji keimanan seorang Muslim dan Muslimah untuk secara konsisten menjalani perintah wajib berpuasa dan sunah sholat Taraweh.

Pandangan tersebut diutarakan H Nurul Qomar, komedian yang juga dikenal sebagai pendidik serta penceramah. Menurutnya, ia setuju manakala khususnya umat Islam dituntut untuk cerdas berpikir di dalam mensikapi kondisi yang ada sekarang.

“Ada makna dan isyarat besar yang ingin disampaikan Allah SWT, tentu saja kepada umat Islam dibelahan dunia. Betapa kekuatan iman dari kita semua sebagai umat Islam tengah mendapat ujian berat,” tegas pria asli kelahiran Indramayu kepada POSBERITAKOTA, Minggu (26/4/2020).

Pelawak yang pernah kondang lewat group 4 Sekawan satu ini, menyebut bahwa secara eksternal umat Islam sangat dituntut untuk saling ‘berbagi’ dalam ukhuwah Islamiyahnya. Bisa dalam bentuk harta, karena akibat pandemi virus Corona, banyak umat Islam yang melemah secara materi.

“Jadi, tidak ada salahnya, kita bisa saling berbagi. Terutama dalam bentuk harta atau materi. Sebab, diluar sana, tidak sedikit saudara-saudara kita sesama Muslim justru menghadapi kesulitan di dalam kehidupannya,” paparnya, panjang lebar.

Begitu pula secara internal, kata H Nurul Qomar, karena akibat kondisi adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Umat Islam yang sedang menjalani ibadah puasa dan diharuskan banyak tinggal di rumah, diharapkan mampu mengajak anggota keluarga lebih meningkatan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Sebab, kondisi saat ini banyak dari kita, nggak bisa sholat Taraweh secara jamaah di masjid. Namun kewajiban tersebut, bisa dilaksanakan di rumah bersama istri dan anak-anak,” pungkasnya. ■ RED/AGUS SANTOSA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here