PosBeritaKota.com
Entertainment

Begini Kronologi Sakitnya, BASSIST DEWA19 ERWIN PRASETYA Wafat & Dimakamkan di Surabaya

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Ucapan ikut duka cita yang mendalam atas wafatnya sahabat terbaik, Erwin Prasetya (ex bassist Dewa19), Sabtu (2/5/2020) saat Subuh tadi di RS Asih, Ciputat – terlontar dari pengamat musik senior, Bens Leo. Bahkan mengabarkan bahwa jenazahnya dalam perjalanan darat memakai ambulans menuju ke Surabaya.

Dari rencana prosesi pemakaman, masih disampaikan Bens Leo, setelah disholatkan di masjid terdekat di rumahnya, jenazah ex bassist Dewa 19 itu bakal dikebumikan di makam keluarga TPU Keputih Surabaya, petang ini.

Sebelum mendapati kabar kepergian Erwin Prasetya, Bens Leo malah mengaku dihubungi oleh yang bersangkutan. “Mas Erwin sempat kontak saya, Rabu (29/4/2020) malam dan bahkan dalam kondisi batuk dan badan sedikit panas. Telepon itupun langsung saya berikan ke istri saya dan keduanya kemudian berdialog,” ceritanya.

Dalam dialog tersebut, ada pengakuan Erwin Prasetya ke istri Bens Leo yang berprofesi sebagai dokter tersebut, sedang mengalami batuk dan sering keluar dahak hitam. Dari situ kemudian istri Bens Leo bilang: “Itu kerusakan fungsi lambung, warna hitam itu darah. Mas Erwin cepat ke dokter, ada baiknya ke rumah sakit langsung. Puskesmas malam-malam seperti ini, pasti tutup. Sebaiknya ke RS biar bisa langsung ditangani dan bahkan di rongent.”

Perbincangan ditutup. Lantas, tak lebih dari 20 menit lamanya, Bens Leo kembali dihubungi Erwin Prasetya. “Mas rumah sakit terdekat di Ciputat ndek endi yo?” Saya pun menjawab,”Sampean googling Mas, kayanya ada dua RS di daerah Ciputat,” jawab pengamat musik yang masih tetap eksis sampai sekarang.

Lagi, setelah itu suasana kembali senyap. Bens Leo cari-cari dan dapat 2 alamat RS di kawasan Ciputat. “Saya malah sempat telepon Mas Erwin, tapi malah nggak diangkat. Akhirnya, saya memutuskan WA dan mengabarkan bahwa di Ciputat ada RS Syarif Hidayatullah dan RS Asih. Saya juga menyarankan agar Mas Erwin bawa kartu BPJS. Ternyata keluarganya belum ikut program BPJS. Pernah mengurus program tersebut, tapi belum ada hasilnya,” kisah Bens Leo, panjang lebar.

Perbincangan lewat telepon Bens Leo dengan Erwin Prasetya kembali terjadi, Kamis (30/4/2020). Kebetulan, Didit (istrinya) yang menerima telepon. “Mas Erwin sudah di RS Asih. Mas, matur suwun dibantu menyarankan segera dibawa ke RS. Salam buat Mbakyu, ya?” Begitu jawab isterinya.

Tak berhenti sampai di situ. Sekitar Jumat (1/5/2020) pagi-pagi, kembali Bens Leo kontak Didit Dada, ex manajer Dewa19. Tujuannya untuk menginformasikan kondisi sakitnya Erwin Prasetya. Termasuk meminta kontak atau nomor teleponnya musisi Ahmad Dhani dan Ari Lasso. “Meski sudah dikirimi, tapi saya belum sempat kontak keduanya,” ucap Bens Leo lagi.

Baru pada Jumat (1/5/2020) siang, Bens Leo menjenguk ketiga putra Erwin Prasetya di apartemen di daerah Ciputat. “Saya juga tanya-tanya soal diagnosa dokter, kalau Mas Erwin sakit apa? Diceritakan sang istri dari Mas Erwin, kalau terjadi pendarahan di lambung dan penurunan kesadaran”.

Bens Leo pun mengaku terkejut, begitu membaca status Buddy ACe, kalau Erwin Prasetya telah wafat, Sabtu (2/5/2020) waktu Subuh. “Saat saya menelpon ke istri dan ketiga anaknya, malah sudah berada diambulans untuk perjalanan ke Surabaya. Bahkan mengabarkan sudah di sekitar Cirebon.”

Bens Leo menyebut kalau almarhum sebagai teman baik dan telah banyak membantu kegiatan rekaman. Termasuk saat bikin album remaja artis Tina Toon. Begitu pula untuk patner juri di sejumlah kompetisi nyanyi dan band. Hubungan keluarga keduanya sudah seperti saudara sendiri.

“Selama jalan, Mas Erwin Prasetya. Beliau orang baik yang setia dengan profesinya, sampai akhir hayat. Saya janji, jika saya pas ke Jawa Timur, kesempatan pertama yang saya akan lakukan adalah nyekar ke pusaramu, saudaraku!” Begitu tulis Bens Leo seraya menyebut : Doa dilapangkan jalanmu pulang ke Rumah Tuhan di Surga, aamin. ■ RED/GUNAWAN WIBISONO/GOES

Related posts

Tondot N Friends Siap Usung Single Kedua ‘Bertemu di Pontianak’

Redaksi Posberitakota

Dunia Terbalik Masuk Nominasi Indonesian Television Awards 2017

Redaksi Posberitakota

Justru karena Pancasila, MASTER LIMBAD Bilang Bisa Menjaga Budaya & Keberagaman Masyarakat Indonesia

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment