Ditengah Pandemi COVID-19, PEMPROV DKI Terapkan Program Sembelih Hewan Qurban Sesuai Protokol

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Akibat dampak pandemi COVID-19 yang belum aman betul, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pun terus berkomitmen melanjutkan Program Kegiatan Sosial Berskala Besar (KSBB) untuk membantu kehidupan sosial-ekonomi masyarakat.

Makanya dalam rangka menyambut Hari Raya Idhul Adha, Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan ACT, BUMD PD Dharma Jaya dan Bank Bukopin Syariah, meresmikan program Sentra Qurban Terbaik 2020 berupa pemotongan hewan qurban yang proses penyembelihan hingga pendistribusiannya agar dilakukan sesuai protokol COVID-19.

Untuk pelaksanaan program Sentra Qurban Terbaik 2020, bakal dipusatkan di Rumah Potong Hewan (RPH) PD Dharma Jaya, Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur. Karenanya, Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria yang hadir dalam acara peresmian tersebut, berharap agar penyembelihan hewan qurban sesuai protokol COVID-19 di RPH dapat benar-benar dilakukan secara higienis.

“Pada masa pandemi COVID-19 ini, kami harapkan kegiatan pemotongan hewan qurban yang biasanya dilaksanakan di halaman rumah, tanah kosong, halaman masjid dan lain-lain, juga bisa dilaksanakan di tempat ini. Demi memastikan bahwa seluruh rangkaian proses pemotongan hewan qurban dilaksanakan melalui proses yang higienis sehat dan bersih apalagi saat pandemi COVID-19,” tutur Wagub Ariza ditengah peresmian di RPH PD Dharma Jaya, Kamis (16/7/2020).

Ditambahkan Wagub Ariza bahwa Idhul Adha merupakan momentum pembuktikan bahwa masyarakat Jakarta adalah masyarakat yang peduli dengan memberi perhatian terhadap sesama. Karena itu, pihaknya ingin mengajak seluruh masyarakat untuk berkolaborasi menyambut Idhul Adha.

“Kami mengajak seluruh masyarakat, seluruh instansi, badan usaha dan kita semua untuk bersama berkolaborasi. Momentum ini harus kita manfaatkan sebaik-baiknya dengan cara berqurban. Karena dalam situasi COVID-19 ini banyak sekali saudara kita yang meningkat berdasarkan data peningkatan kemiskinan,” tegasnya.

Wagub Ariza turut menyampaikan survei World Giving Index 2018 yang menunjukkan bahwa Indonesia menduduki peringkat pertama dari 146 negara sebagai negara paling murah hati. Semangat itu pula yang diusung dalam program KSBB untuk Idhul Adha di tahun 2020 ini.

“Maka itu, saatnya kita membuktikan masyarakat Jakarta adalah masyarakat yang peduli, ikut memberikan perhatian kepada sesama. Masyarakat Jakarta adalah masyarakat yang tingkat sosialnya tinggi. Kita ketahui, berdasarkan survei, Indonesia adalah negara yang masyarakatnya sangat peduli dan pernah memberikan bantuan sosial lainnya,” lanjutnya lagi.

Sementara itu menurut Presiden Direktur Global Qurban-Aksi Cepat Tanggap (ACT), Hafit Timor Mas’ud dalam program yang mengusung tema ‘Labbaik Berqurban Terbaik’, ebih dari 1.000 ekor hewan kurban akan dilakukan pemotongan di RPH PD Dharma Jaya. Hasil dari pemotongan hewan tersebut bakal didistribusikan kepada 100.000 masyarakat Jakarta yang membutuhkan secara sosial ekonomi.

“Kemudian, caranya bagaimana? InsyaAllah dengan data 300.000 di Jakarta Care Line yang kami miliki dan hasil kolaborasi bersama Pemprov DKI, pasca dipotong di Dharma Jaya kemudian siap diantar ke rumah masing-masing dengan ojek online. Tujuannya agar kurban tetap optimal ke tangan masyarakat dengan kondisi tetap di rumah dan dapat hewan kurban terbaik,” ucap dia.

Menurut Hafit lebih lanjut bahwa pelaksanaan pemotongan hewan qurban di tahun ini melalui Program KSBB Pemprov DKI Jakarta dan Global Qurban-ACT, dipastikan akan mengikuti Protokol Kesehatan COVID-19. Mulai dari penyembelihan, pengemasan hingga sampai ke tangan masyarakat penerima. “Dan, ini menjadi prosedur standar yang akan diterapkan Global Qurban-ACT di 43 cabang di seluruh Indonesia,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, nampak hadir sejumlah pejabat terkait. Mereka di antaranya Wakil Walikota Jakarta Timur,Uus Kuswanto; Direktur Utama PD Dharma Jaya Raditya Endra Budiman serta banyak lagi. ■ RED/AGUS SANTOSA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here