Saat Idhul Adha, GURU BESAR BERSAMA DOSEN PUTRA-PUTRI BREBES Berqurban 5 Sapi & 13 Kambing di Kampung Halaman

BREBES (POSBERITAKOTA) ■ Bertepatan jatuhnya Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah 1441 Hijrah pada Jumat (31/7/2020) kemarin, Forum Guru Besar dan Dosen Putra-Putri Brebes (Yayasan Rumah Cinta Brebes), mengusung gerakan berqurban di kampung halaman. Lantaran ditengah pandemi COVID-19, mereka menyebut bisa ‘berbagi’ alias berqurban, terasa sangat istimewa.

Tidak kurang dari 5 sapi dan 13 kambing hewan qurban yang dipotong, didistribusikan Forum Guru Besar dan Dosen Putra-Putri Brebes ke 9 kecamatan di Kabupaten Brebes. Antara lain ke Kecamatan Larangan, Tanjung, Wanasari, Ketanggungan, Tonjong, Brebes, Bulakamba, Losari serta Jatibarang.

Selain itu juga ke 18 desa yang meliputi Desa Sitanggal Kemurang, Lengkong, Ketanggungan, Negarayu, Dumeling, Jagalempeni, Sawojajar, Slatri, Pasar Batang, Pagejugan, Klampok,8 Padakaton.

Sejumlah ibu-ibu yang menerima daging qurban, menuturkan terkait penghasilan mereka yang tidak seberapa. Makanya begitu sumrimgah manakala nanti bisa merasakan nikmatnya daging qurban. Apalagi ditengah himpitan pandemi COVID-19.

Sementara itu untuk para Guru Besar dan Dosen Putra-Putri Brebes, menuturkan alasan berqurban di kampung halamannya (Brebes), karena bisa ‘berbagi’ dengan 327 jiwa di Indonesia yang menjadi kategori mustahik darurat daging kurban. Mereka tercatat rata-rata hanya mengkonsumsi 0,24 Kg daging/tahun.

Untuk hewan qurban dibeli dari peternak lokal yang ada di Kabupaten Brebes. Juga dinilai tepat sasaran, apalagi didistribusikan kepada masyarakat yang tinggal di daerah pedalaman atau terpencil.

“Kesemua itu sudah jadi bahan pemikiran kami,” kata Dodi Kurniawan, mahasiswa STAI Brebes sebagai salah satu relawan dan kordinator yang juga bersinergi dengan FKAM Brebes.

Lantas, siapa saja mereka yang tergabung dalam Forum Guru Besar dan Dosen Putra-Putri Brebes/Yayasan Rumah Cinta Brebes? Mereka adalah Prof. Dr. Rustono, M. Hum., Prof. Dr. Hamidah, SE., M.Si. Prof. Dr. Anton Satria Prabuwono, Prof. Dr. Ir. Darsono Wisadirana, M.S., Dr. Maufur, M.Pd. dan Dr. Abdul Aziz, M.Ag. ■ RED/LASIYONO/GOES

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here