Usai Subuh Berjamaah, HABIB SHOLEH Sampaikan Isi Ceramah Bertaqwalah pada Allah SWT Di manapun Tempatnya

BEKASI (POSBERITAKOTA) ■ Bertaqwalah pada Allah SWT di manapun Anda berada (tempatnya). Baik di masjid, rumah maupun di tempat kerja sekalipun. Sebab, manusia itu diciptakan senantiasa untuk ‘bertaqwa’ kepada Sang Maha Pencipta, yakni dengan implementasinya adalah ‘beribadah’.

Risalah atau benang merah ceramah tersebut di atas, disampaikan Habib Sholeh seusai melaksanakan sholat Subuh berjamaah, bertempat di Masjid Jami Al-Ikhlas RW 025 Perumahaan Villa Gading Harapan (VGH), Kelurahan Kebalen, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Minggu (6/9/2020).

Dihadapan 60-an jamaah rutin, Habib Sholeh menambahkan bahwa kita tidak boleh lupa kepada Allah SWT. “Alhasil dengan kita bertaqwa dan setiap yang kita jalankan, bakal mendapat ridho dari Allah SWT,” tegasnya.

Taqwa melalui implementasi ‘beribadah’, menurut Habib Sholeh yang asal Ujung Harapan Bekasi tersebut, bisa di dalam masjid atau majelis ta’lim maupun pesantren. “Seperti di dalam masjid melaksanakan sholat, membaca ayat suci Al-Quran atau berdzikir,” jelasnya

Termasuk di rumah pun, lanjut penceramah yang masih berusia kepala tiga tersebut, kita punya kewajiban untuk bertaqwa atau beribadah kepada Allah SWT. “Coba, ingat kepada Allah SWT saja, itu sudah merupakan ibadah. Lalu, membaca basmalah,” jelasnya.

Sejumlah bentuk-bentuk ibadah, dipaparkan Habib Sholeh, bukan hanya hubungan kepada Allah SWT (Habluminallah). Tapi juga kepada sesama (Habluminanas). Sebagai contoh mencium tangan orangtua itu saja sebagai bentuk berbakti dan sekaligus menjadi ibadah kepada sesama.

“Siapa orang yang beriman kepada-KU (Allah SWT), jika niatnya ibadah maka dapatnya pun nilai ibadah. Sebab, setiap kehidupan yang kita alami ini, semua yang menentukan adalah Allah SWT,” tuturnya.

Sebagai penutup ceramahnya, Habib Sholeh mengungkapkan bahwa beribadah itu harus dengan niat baik. “Rahmatilah orang yang ada di bumi ini. Maka, kalian akan mendapat rahmat. Allah SWT pun akan mengutus malaikat. Orang yang punya niat beribadah lurus, niscaya bakal mendapat cahaya di hari akhir (Kiamat) nanti,” pungkasnya.

Kelembagaan DKM Jami Al-Ikhlas RW 025 VGH Kebalen, Bekasi yang dipimpin Khoirul Anwar (Ketua), Aldy Ardhian (Sekretaris) dan Harjono (Bendahara) yang selama ini telah berhasil dengan semakin memantapkan dan menghidupkan ta’lim atau pengajian bagi jamaah bapak-bapak dan ibu-ibu – diharapkan bisa menyentuh kalangan remaja di masa mendatang. Semoga! ■ RED/AGUS SANTOSA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here