Sebagai Antisipasi Pandemi COVID-19, FKDB & POLRI Jalin Kerjasama Dukung Ketahanan Pangan

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Keberadaan Forum Komunikasi Doa Bersama (FKDB) telah menggoreskan sejarah baru pada Kamis (24/9/2020) ini, karena telah resmi menjalin kerjasama dengan institusi Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI).

Untuk kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan bersama Nota Kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) oleh H Ayep Zaki SE dari FKDB dengan Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH selaku Kabaharkam Polri dan Irjen Pol Risyapudin Nursin SIK selaku Kakorbinmas Baharkam Polri, berlangsung di Hotel Ambhara Jalan Iskandarsyah Raya No 1 Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (24/9/2020).

Sedangkan kerjasama dilaksanakan terkait tentang Pendampingan Program FKDB on Farm dalam mendukung Ketahanan Pangan. Jadi bukanlah hal yang tiba-tiba, namun melalui tahapan proses yang demikian panjang. Dimulai dari aktivitas di lapangan sebagai landasan yang telah dijalankan mandiri oleh FKDB sejak tiga tahun lalu, kemudian beberapa kali pertemuan formal membahas materi kerjasama yang berlangsung sejak periode bulan April hingga September dan keseluruhannya tertuang dalam butir-butir kerjasama yang disepakati.

Dikatakan H Ayep Zaki SE bahwa MoU dan PKS antara FKDB dengan POLRI ini, seperti halnya antara semut dan gajah, FKDB yang kecil tapi punya mimpi yang besar dengan POLRI sebagai institusi besar negara. Sedangkan FKDB memandang MoU dan PKS sebagai payung hukum untuk bekerja sejujur-jujurnya dan seikhlas-ikhlasnya demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat sampai tingkat terbawah melalui instrumen-instrumen teknis yang telah FKDB temukan khususnya di bidang pertanian.

Hal senada juga disampaikam oleh Kabaharkam, Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH. Menurut dia bahwa program kerja FKDB ternyata sejalan dengan program Pemerintah di bidang ketahanan pangan sebagai antisipasi pandemi COVID-19 seperti arahan Presiden kepada POLRI dan TNI.

“Sudah saatnya kita (petani) berdiri di atas kaki sendiri dengan potensi lahan dan alam yang dimiliki dan FKDB menjadi bagian didalamnya yang harus didukung,” urai dia.

Sementara itu Camelia Panduwinata Lubis SE M.Ikom, salah satu anggota FKDB siap mensupport di lapangan terkait MoU dan PKS yang sudah dilakukan dengan institusi POLRI.

“Apalagi kami dari FKDB telah secara mandiri melaksanakannya sejak tiga tahun silam. Justru adanya sinergitas ini, diharapkan pencapaiannya bisa lebih maksimal,” tutur Camelia yang juga dikenal sebagai politisi Partai Golkar dan penyanyi tersebut. ■ RED/GOES

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here