26.1 C
Jakarta
27 April 2024 - 05:51
PosBeritaKota.com
Nasional

Siap Majukan OK OCE Prasasti, VICTOR ARITONANG Sebut untuk Mendukung Kinerja Menparekraf

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berjanji akan mewujudkan visi dan misi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengangkat destinasi wisata unggulan Indonesia ke level Internasional.

Bahkan dimasa pandemi COVID-19 saat ini, Kemenparekraf harus mengembangkan virtual tourism sebagai prioritas utama mempromosikan Wanderful Indonesia. Program tersebut mengusung 3 gagasan utama yang meliputi inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

“Bapak Presiden dan Bapak Wapres dalam arahannya minta bahwa dalam satu tahun ini harus ada quick win. Harus ada perubahan yang mendasar,” ucap Sandi Uno pendiri Gerakan OK OCE yang belum lama ini resmi menyandang gelar akademik Doctor Research in Management dari Universitas Pelita Harapan.

Sandi Uno yang baru saja dilantik sebagai Menparekraf akan mendiskusikan bersama jajaran Kemenparekraf, termasuk kemungkinan pengembangan gerakan OK OCE dalam mendukung kinerja kementeriannya.

“Jadi, nanti kita lihat bersama dengan rekan-rekan di sini,” tutur Sandi Uno setelah serah terima jabatan Menparekraf di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Rabu (23/12/2020).

Dijelaskan Sandi Uno menjelaskan berdasarkan laporan dari Perkumpulan Gerakan OK OCE (PGO), bahwa sebagian besar anggota binaannya bergerak di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Namun begitu, Sandi Uno juga menyadari ditengah pandemi COVID-19 ini merupakan suatu tantangan yang besar bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sehingga memerlukan upaya konkret untuk mengembangkannya

“Meski begitu, kita harus optimistis bahwa sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pasti akan segera pulih dan bangkit kembali, seiring teratasinya pandemi ini,” kata Sandi.

Kenapa? Sebab, menurut mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif adalah sektor strategis penyumbang devisa serta pembuka lapangan kerja paling cepat dan besar. “Amat penting dalam upaya pemulihan ekonomi kita,” ujar Sandi.

Sedangkan Koordinator Nasional OK OCE Prasasti, RH Victor Aritonang menyambut baik kesediaan pendiri Gerakan OK OCE, Sandiaga Salahuddin Uno, menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan sebagai bagian dari keluarga besar Perkumpulan Gerakan OK OCE, Victor Aritonang siap mendukung kinerja Kemenparekraf.

“Saya sebagai Koordinator Nasional OK OCE Prasasti, menyambut baik sikap dan kesediaan kawan saya, pendiri OK OCE, Sandiaga Uno menjadi menteri, yakni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan siap mendukung Pak Menteri,” ujar Victor.

“Saya yakin akan kemampuan Pak Menteri. Namun demikian, mengingat saat ini Indonesia masih dalam masa pandemi COVID-19, tentu menjadi tanggungjawab yang berat bagi Kementerian Parekraf khususnya, karena dampak pandemi COVID-19 banyak lokasi wisata ataupun aktivitas kepariwisataan ditutup. Pak Menteri harus mampu membuktikan bahwa dirinya dapat menjalankan amanat dan arahan Presiden, ” kata Victor yang juga Ketua KADIN Kota Jakarta Pusat ini.

Victor lebih lanjut menambahkan, Menteri Sandi Uno harus membuat terobosan yang mampu menggerakan perekonomian bangsa, dalam hal ini melalui sektor kepariwisataan. Misalnya melalui kegiatan virtual tourism, pengembangan ekonomi kreatif berbasis UMKM, dan membangun sinergi dengan pelaku usaha lainnya.

Pada bagian lain, Victor mengapresiasi wacana Menteri Sandi Uno yang akan memadukan gerakan OK OCE dalam mendukung kinerjanya di Kementerian Parekraf dan untuk itu dirinya serta jajaran OK OCE Prasasti siap mendukung.

“Jadi sekarang kita tidak perlu lagi ngomongin tentang kontestasi Pilpres. Itu sudah selesai, sekarang kita harus bersatu padu membawa Indonesia keluar dari masa pandemi dan membangun Indonesia lebih baik lagi ke depannya,” pungkas Victor. ■ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Kejeblos Proyek Meikarta, WARGA BABELAN Bersyukur Bupati Bekasi Ditahan KPK

Redaksi Posberitakota

Bersinergi dengan UI, PEMPROV DKI Ingin Upaya Atasi Persoalan Demografi di Jakarta Tepat Sasaran

Redaksi Posberitakota

Di Teater Kautaman Gedung Pewayangan Jaktim, WO NGESTI PANDOWO Bikin Pergelaran Lakon ‘Kresna Duta’

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang