MoU dengan Tatalogam Group, KITA Segera Bangun Rumah Instan untuk Para Pengungsi

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Kerapatan Indonesia Tanah Air (KITA) bersama PT Sakura Makmur Lestari (Tatalogam Group) melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) untuk Pelatihan dan Sertifikasi Pemasangan Baja Ringan, Serta Penyediaan Rumah Instan Domus untuk Revitilisasi Pasca Bencana, Jumat (19/2/2021).

Untuk penandatangan MoU itu sendiri dilakukan langsung oleh Ketua Umum KITA, KH Maman Imanulhaq dengan Vice President Tatalogam Lestari, Stephanus Koeswandi. Acara yang digelar di Tatalogam Tower, Jalan Arjuna Utara Jakarta Barat, juga dihadiri oleh petinggi KITA seperti Sekretaris Jenderal Ayep Zaki dan Bendum KITA Camelia Panduwinata Lubis serta Chief Financial Officer Tatalogam Lestari Wulani Wihardjono.

KH Maman Imanulhaq yang juga merupakan anggota Komisi VIII DPR RI tersebut, mengatakan bahwa percepatan pembangunan hunian untuk korban bencana mutlak dibutuhkan guna meringankan beban mereka yang kehilangan tempat tinggalnya akibat bencana alam. Hunian sementara (Huntara) maupun Hunian Tetap (Huntap) yang dapat dibangun dalam waktu singkat adalah solusi untuk mengatasi masalah ini.

Karena itu pula, menurut KH Maman, KITA menjadi motor penggerak pemulihkan perekonomian bangsa yang kini tengah dilanda krisis akibat pandemi sesuai amanat Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

“Ditengah upaya pemulihan ekonomi bangsa serta terpaan bencana yang melanda negeri, KITA juga tak berhenti untuk mendorong pihak-pihak yang mampu berkontribusi positif agar dapat terlibat dalam upaya percepatan pembangunan, dengan melibatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai motor penggerak ekonomi bangsa,” tegas politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Sedangkan inovasi rumah instan Domus produksi PT Tatalogam Lestari ini merupakan salah satu bentuk kreatifitas pelaku usaha yang bisa mendorong percepatan pembangunan. Dengan melibatkan UMKM dalam proses pembangunannya, inovasi anak bangsa ini diharapkan juga mampu berkontribusi dalam pemulihan ekonomi bangsa.

Hal itu sesuai dengan cita-cita meraih masa depan bersama dapat terlaksana, sesuai tujuan KITA sebagai koalisi independen yang menyemai, mengembangkan, dan melestarikan Tanah Air Indonesia sebagai bagian dari diri, identitas dan masa depan bersama.

Sejak dideklarasikan Agustus tahun lalu, Ormas Kerapatan Indonesia Tanah Air (KITA) terus bergerak untuk mendorong pemerintahan dalam membangkitkan perekonomian, pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam konsep Kebhinekaan.

Sementara itu Sthephanus mengatakan bahwa penandatangan nota kesepahaman hari ini meresmikan kerjasama Sakura Makmur Lestaru dengan KITA untuk membangun rumah instan Domus. Sakura Makmur bersama KITA bakal menggandeng UKM-UKM khususnya di daerah bencana dengan memberikan pelatihanan-pelatihan pemasangan baja ringan serta pembangunan rumah instan domus.

“Program pembangunan rumah instan domus ini sangat mudah, seperti menyusun lego kemudian tinggal diplester dan diaci. Rumah instan domus sangat tepat dibangun untuk memenuhi kebutuhan warga korban bencana,” pungkas Stephanus, serius. ■ RED/AGUS SANTOSA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here