Saat Melantik, KAPOLRI Minta Kabareskrim Baru Tegakkan Hukum Berkeadilan yang Tak Cuma Tajam ke Bawah

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta kepada Komjen Agus Andrianto selaku Kabareskrim baru untuk melakukan penegakan hukum yang berkeadilan. Dengan begitu, tidak ada lagi stigma bahwa hukum tumpul ke atas tapi tajam ke bawah.

Harapan tersebut diungkapkan Sigit seusai secara resmi melantik Agus sebagai Kabareskrim Polri, bertempat di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu (24/2/2021) siang. “Bapak Kabareskrim Polri, tolong ini betul-betul dikawal,” pintanya.

Jenderal Sigit lebih jauh menekankan bahwa bagaimana mewujudkan penegakan hukum yang berkeadilan. Sebab, di masyarakat masih didapati suasana kebatinan yang merasakan bahwa hukum itu tajam hanya ke bawah namun tumpul ke atas.

Bukan hanya itu saja, Sigit juga sangat berharap kepada Agus, agar mengedepankan upaya restorative justice terhadap beberapa kasus yang berkaitan dengan pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau ITE. Namun begitu, Kapolri menekankan untuk tetap bertindak tegas dan menegakkan hukum secara kuat.

“Apalagi terhadap masalah yang menyangkut keselamatan jiwa masyarakat serta berpotensi menimbulkan konflik horizontal. Dampaknya, kemudian rasa keadilan ini betul-betul kita wujudkan,” paparnya.

Pada kesempatan itu, Sigit juga melantik beberapa pejabat tinggi Polri. Sedangkan pelantikan itu dilakukan berdasar surat telegram resmi Nomor STR/318/II/KEP./2021 tertanggal 18 Februari 2021.

Untuk beberapa pejabat baru yang dilantik antara lain : Komjen Pol Arief Sulistyanto sebagai Kabaharkam Polri, Komjen Pol Rycko Amelza sebagai Kalemdiklat Polri, dan Komjen Pol Paulus Waterpauw sebagai Kabaintelkam. Selanjutnya, Irjen Pol Martuani Sormin sebagai Korsahli Polri dan Irjen Syahardiantono sebagai Wakabareskrim Polri. ■ RED/AGUS SANTOSA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here