Baru dalam Sejarah, KAPOLDA BANTEN Irjen Pol Rudy Heryanto Gelar Silaturahmi dengan Perwakilan Puluhan Masyarakat Baduy

LEBAK (POSBERITAKOTA) – Ini baru pertama kali terjadi dalam sejarah di wilayah Lebak, Banten. Oleh karenanya, kegiatan atau ajang silaturahmi Kapolda Banten, Irjen Pol Rudy Heryanto Adi Nugroho dengan perwakilan puluhan masyarakat Baduy di rumah dinasnya Minggu (23/5/2021), tak salah jika kemudian banyak mendapat apresiasi dari masyarakat luas.

Apalagi dalam kunjungan perwakilan puluhan masyarakat Baduy di rumah dinas Kapolda Banten itu, digelar pula serangkaian upacara ‘Seba Baduy‘. Tak heran apabila publik luas di wilayah Lebak, Banten khususnya, menilai bahwa sosok Kapolda Banten adalah contoh pimpinan Polri yang mengedepankan pelayanan humanis. Sedangkan suku Baduy itu sendiri merupakan bukti keberagaman suku dan adat istiadat budaya yang dilestrarikan oleh masyarakat Banten.

“Kami melihat sosok Kapolda Banten sangat humanis. Sikap ini perlu ditauladani para Kapolres dan Kapolda lainnya, terutama di dalam mewujudkan Polri yang presisi. Polri yang melayani semua masyarakatnya, tanpa melihat bagaimana status sosialnya,” ungkap DR H Edi Saputra Hasibuan, pakar hukum kepolisian Universitas Bhayangkara Jakarta.

Menurut Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (LEMKAPI) lebih lanjut bahwa saat ini masyarakat butuh Pimpinan Polri yang tidak saja memasyarakat, tapi juga peduli terhadap kesulitan dan semua permasalahan sosial yang dialami masyarakatnya.

“Artinya apa? Jika Kapolda sudah menjalankan kepedulian yang humanis, Insya Allah, daerah tersebut akan aman dan Kamtibmasnya pun akan kondusif,” ucap H Edi seraya mencontohkan apa yang dilakukan pejabat Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heryanto Adi Nugroho tersebut.

Pada sisi lain, ditambahkan mantan anggota Kompolnas dan juga wartawan senior Harian Pos Kota tersebut, masyarakat adat Baduy selama ini seperti kurang mendapat apresiasi dalam bentuk ajang silaturahmi.

“Ketika belum ada pejabat yang menyempatkan diri menerima kehadiran mereka, justru Kapolda Banten saat ini menyambut mereka dengan sikap humanis. Hal itu jelas sebagai sesuatu yang sangat luar biasa dan patut mendapat apresiasi positif dari masyarakat luas,” pungkas Dr H Edi Saputra Hasibuan kepada POSBERITAKOTA, Minggu (23/5/2021). ■ RED/AGUS SANTOSA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here