30.9 C
Jakarta
19 March 2024 - 13:11
PosBeritaKota.com
Daerah

Harus Punya Daya Saing & Berkarakter, FESTIVAL FILM PENDEK BOGOR 2021 Gairahkan Karya Berbasis Budaya

BOGOR (POSBERITAKOTA) – Perkembangan dunia film yang ditopang kemajuan teknologi seperti saat ini membutuhkan integrasi budaya. Oleh karenanya, kreasi seni film Indonesia harus berdaya saing dan berkarakter.

“Terjadi intrusi budaya. Jangan terlambat menyadari. Akar budaya bangsa menjadi taruhan,” ujar Eddie Karsito kepada wartawan usai menandatangani Keputusan Dewan Juri Seleksi Festival Film Pendek (FFP) Bogor 2021, Senin (31/05/2021) kemarin di Bogor.

Aktor film dan sinetron yang juga penggiat seni budaya ini, menilai ada sebagian masyarakat terbujuk berbagai tontonan asing yang kadang tak sejalan dengan budaya Indonesia.

“Pentingnya menjaga jatidiri dan martabat budaya bangsa dalam bentuk karya kreatif. Diantaranya dapat dikomunikasikan lewat proses-proses kreatif, seperti pada penyelenggaraan Festival Film Pendek berbasis budaya ini,” papar penyandang gelar Aktor Pembantu Pria Terpuji Festival Film Bandung (FFB) tahun 2008 tersebut.

Festival Film Pendek (FFP) Bogor 2021 yang diselenggarakan Pemerintahan Kabupaten Bogor dan Dewan Kesenian Kabupaten Bogor (DKKB) ini, memasuki tahap penjurian preferensi.

Adapun untuk Dewan Juri Seleksi Festival Film Pendek (FFP) Bogor 2021, telah menetapkan 10 film yang dinominasikan, dari 60 judul yang telah terdaftar di kepanitiaan penyelenggara. Judul-judul film tersebut, meliputi ; ‘Ayahku Pahlawanku’, ‘Batian’, ‘Desaku Budayaku’, ‘Hujan Cinta di Pinggir Bogor’, ‘Kulo Tresno Ka Anjeun’, ‘Larung’, ‘Mimpi Seorang Penari’, ‘Ngancik’, dan ‘Purwadaksi.’

Dewan Juri Seleksi juga memilih salah satu film peserta yang ditetapkan sebagai Film Favorit Pilihan Juri Festival Film Pendek (FFP) Bogor 2021.

“Spiritnya luar biasa. Baik peserta festival, para sineas, penggiat seni budaya dan DKKB sebagai inisiator festival ini. Karya mereka nyata memiliki keberpihakan terhadap denyut nadi budaya bangsa, khususnya budaya Sunda yang menjadi kekuatan local wisdom Kabupeten Bogor,” jelas Eddie, lagi.

Juri Seleksi terdiri dari, Aktor Film, Penggiat Budaya dan Wartawan, Eddie Karsito (Ketua), Sutradara Zak Sorga (Sekretaris), Ketua DKKB Putra Gara (Anggota), Aktor dan budayawan Uche Ismail (Anggota), dan Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Pakuan Bogor Mey Cresentya Rahail (Anggota).

Juri Seleksi telah meloloskan dan menetapkan10 judul film yang kemudian akan kembali dinilai Juri Utama, yang terdiri dari Arturo GP (Sutradara), Sha Ine Febriyanti (Aktris dan Penggiat Teater) dan Atika Hasiholan (Aktris Film).

“Untuk pemenang akan ditentukan berdasarkan kategori penilaian, meliputi; Film Terbaik, Cerita Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik dan Aktris Terbaik,” terang Ketua Penyelenggara Festival Film Pendek (FFP) Bogor 2021, Putra Gara.

Kebudayaan, seperti dikatakam Putra Gara, menjadi arus utama pembangunan berkelanjutan. Sehingga dibutuhkan langkah strategis untuk mengintegrasikan kebudayaan dalam film Indonesia.

“Yang jelas, seni media perfilman merupakan instrumen yang efektif dalam internalisasi nilai dan penguatan karakter bangsa. Indonesia termasuk negara penghasil film produktif, dengan infrastruktur pasar memadai. Potensi pengembangan konsumen yang masih luas,” ucap Putra Gara.

Karena itu, ditambahkan Gara, pentingnya sarana apresiasi model Festival Film Pendek (FFP) Bogor 2021. “Melalui ajang apresiasi ini diharapkan ada upaya berkesinambungan dalam bentuk pelatihan dan usaha lain guna meningkatkan kompetensi dan kreativitas anak bangsa melalui seni film,” paparnya.

Lagi, menurut Eddie Karsito, film Indonesia perlu dijaga dari pengaruh negatif yang tidak sesuai dengan Pancasila dan jati diri bangsa. Film-film yang memiliki sikap dan karakter Indonesia yang sesungguhnya harus ditonton masyarakat.

“Workshop perfilman bisa dilaksanakan DKKB berkesinambungan, guna memasyarakatkan film berdasarkan nilai-nilai budaya bangsa,” ujar sineas yang pernah menerima penghargaan Karya Kolektif Film Independen : Juara I Festival Film Independen Indonesia (FFII SCTV) Tahun 2003, melalui Film “Di Suatu Siang di Sebuah Perkampungan Kali Mati Karet Bivak” ini.

Melalui lembaga Dewan Kesenian Kabupaten Bogor (DKKB), Eddie Karsito berharap, pelajar, mahasiswa dan anak-anak muda Bogor, harus memulai tradisi menonton dan membuat film dengan literasi yang baik.

“Seni film dapat digunakan sebagai sarana pengembangan potensi diri, dan character building; pembentukan moral. Sehingga perfilman Indonesia perlu dikembangan. Bukan hanya tontonan, tapi juga tatanan dan tuntunan,” ujar seniman yang kini menjadi konselor program Mobile Arts for Peace (MAP) yang diinisiasi University of Lincoln, UK – Inggris. ■ RED/ALDI/GOES

Related posts

Anjuran Rasulullah, KHOFIFAH : “Amaliyah Santuni Anak Yatim di Bulan Suci Ramadhan”

Redaksi Posberitakota

Gegara Mudik ke Kampung Halaman, SEORANG TERPAPAR VIRUS JENIS BARU Bikin 17 Warga Brebes Ditest PCR & Isolasi

Redaksi Posberitakota

Tak Cuma ‘Simpang Lima’ & Kantor Gubernur Jateng, JALAN-JALAN PROTOKOL DI KOTA SEMARANG Masih Terendam Banjir

Redaksi Posberitakota

2 comments

Zakaria 4 June 2021 - 16:24 at 16:24

Zak Sorga
Film SUATU SORE DI PERKAMPUNGAN KALIMATI KARET BIFAK itu bukan.karya Eddie Karsito, tapi Karya CC. FEBRIYONO, tolong di koreksi ya. Ini berita yang benar.
https://m.liputan6.com/…/cc-febriyono-jangan-ajak…

Reply
sari 5 June 2021 - 20:17 at 20:17

PENTING & mohon dikoreksi. Setahu saya Film “Di Suatu Siang di Sebuah Perkampungan Kali Mati Karet Bivak” bukan karya Eddie Karsito melainkan karya CC. Febriyono, seorang sutradara sinetron dan penulis jebolan IKJ. Eddie hanya berperan sebagai hansip. bukan penulis skenario. jika koment ini dihapus dan tidak ada dikoreksi, saya akan posting hal ini di facebook dan twitter karena hal ini termasuk plagiarisme. Terima kasih atas perhatiannya.

Reply

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang