PosBeritaKota.com
Daerah

Meski Hadapi Pandemi COVID-19 di Tahun ke-2, RSUD CIAWI Kembali Melangkah Maju Kembangkan Layanan Medis Spesialistik

CIAWI (POSBERITAKOTA) – Meski saat ini memasuki pandemi COVID-19 di tahun kedua (2021), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciawi mulai kembali melangkah maju untuk mengembangkan layanan medis spesialistik. Tentu saja, setelah selama setahun lebih sebelumnya, hanya bergelut dengan penanganan COVID-19

Oleh karenanya, memasuki pertengahan di tahun 2021 ini, RSUD Ciawi bakal memperkuat kesiapsiagaan di dalam menghadapi pandemi COVID-19, tanpa meninggalkan pemenuhan pengembangan layanan sesuai kebutuhan masyarakat di wilayah Kabupaten Bogor khususnya serta untuk mencapai visi ‘Bogor Sehat & Bogor Maju‘.

Pada tahun 2021 ini, RSUD Ciawi meningkatkan mutu layanan kegawat-daruratan dengan memperkuat Instalasi Gawat Darurat yaitu hadirnya dokter Spesialis Emergensi. Dengan kekuatan Tim Gawat Darurat 24 Jam yang siap menerima rujukan melalui SPGDT di nomor telelon 082119041792, maka RSUD Ciawi akan mengembangkan Mobile Medical Center, Mobile Medical Rescue (ambulans) yang bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas mempermudah jangkauan layanan kepada masyarakat.

Selain itu, RSUD Ciawi juga telah membuka layanan Klinik Nyeri sejak tahun 2020 dan kini telah menjadi instalasi Manajemen Nyeri pertama di Indonesia. Layanan Klinik Nyeri di tahun 2021 ini, ikut serta
menyajikan inovasi baru dengan nama IMANI (Instalasi Manajemen Nyeri) yang diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup pasien yang mempunyai gangguan nyeri kronis.

Pandemi COVID-19 telah menjadi bagian kebiasaan hidup baru yang harus mampu diadaptasikan oleh institusi pelayanan Kesehatan. Dengan dilanjutkan pembangunan Gedung MDG’s yang merupakan gedung layanan perawatan penyakit infeksi, diharapkan RSUD Ciawi tidak cuma mampu menangulangi COVID-19, tapi juga mampu merawat penyakit menular lainnya yang menjadi perhatian di Indonesia.

RSUD Ciawi akan membuka layanan Dental Center, dimana sudah memiliki layanan Dokter Gigi Umum, Spesialis Bedah Mulut, Spesialis Konservasi Gigi, Spesialis Orthodonti, Spesialis, Prostodonti dan terbaru adalah Spesialis Gigi Anak. Sehingga diharapkan RSUD Ciawi dapat
menyediakan layanan Kesehatan Gigi dengan sistem one stop services.

Selain pengembangan Dental Center, RSUD Ciawi juga akan mengembangkan layanan Dialysis Center dengan penambahan mesin Hemodialisa dan CAPD (continuous ambulatory peritoneal dialysis). Sehingga dapat menambah cakupan layanan RSUD Ciawi terhadap pasien dengan gangguan ginjal.

Untuk program vaksinasi COVID-19 telah dilaksanakan sesuai harapan, karena RSUD Ciawi berhasil memberikan vaksin bagi tenaga kesehatan serta karyawan penunjang lainnya. Kegiatan tersebut guna lebih memastikan keamanan tenaga kesehatan, pasien dan pengunjung RSUD Ciawi dari paparan COVID-19.

Pada tahun 2020 RSUD Ciawi juga memperoleh penghargaan Rumah Sakit pemberi layanan terbaik dari BPJS, diharapkan dengan pengembangan berbagai layanan medis serta inovasi di RSUD Ciawi dapat membantu meningkatkan pelayanan yang terbaik terhadap masyarakat Bogor dan sekitarnya. ■ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Antara Duka & Keceriaan Anak-anak, SEBANYAK 6 DESA di Kecamatan Brebes Tak Berdaya Dilanda Banjir Besar

Redaksi Posberitakota

Dampak Banjir Kemarin, PETANI BAWANG MERAH di Brebes Jateng ‘Ketar-ketir’ Takut Gagal Panen

Redaksi Posberitakota

Bersama Himpunan Mahasiswa, FORPBES & RUMAH PERADABAN Berbagi Masker di Kecamatan Ketanggungan Brebes Jateng

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment